Sabtu 10 Jun 2023 11:12 WIB

Difabel Bersuara Merdu Putri Ariani Balas Komentar di IG tanpa Bantuan, Gimana Caranya?

Warganet baru tahu selama ini Putri Ariani sendiri yang membalas komentar mereka.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Cara Putri Ariani membalas komentar warganet di Instagram.
Foto: Tiktok/Instagram @arianinismaputri
Cara Putri Ariani membalas komentar warganet di Instagram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski menyandang difabel netra, gadis berhijab yang menyorot perhatian di dunia di panggung America's Got Talent, Putri Ariani, dapat membalas komentar warganet di media sosial. Dia pun menunjukkan caranya kepada warganet.

"Hai guys banyak yang nanyain gimana sih caranya Putri balas komentar di Instagram," kata dia dalam video di Instagram.

Baca Juga

Dalam video berdurasi singkat itu, Putri membaca komentar salah seorang warganet dan membalasnya. Rupanya, Putri menggunakan aplikasi Talkback.

Video Putri membalas komentar warganet di Instagram:

 

Melansir situs web resmi Android, Talkback adalah pembaca layar bawaan langsung dari Android. Saat Talkback aktif, pengguna dapat berinteraksi dengan perangkat yang didukung Android tanpa melihat layar. Pengguna dengan gangguan penglihatan dapat mengandalkan Talkback untuk menggunakan aplikasi ini.

Talkback dapat diaktifkan dengan buka aplikasi menu Setelan di perangkat. Lalu buka Aksesibilitas, dan pilih TalkBack. Di bagian atas layar Talkback, tekan Aktif/Nonaktif untuk mengaktifkan Talkback. Dalam dialog konfirmasi, pilih Oke untuk mengonfirmasi izin.

Saat pertama kali mengaktifkan Talkback, tutorialnya akan diluncurkan. Untuk membuka kembali tutorial pada lain waktu, buka Setelan>Aksesibilitas>TalkBack> Setelan>Luncurkan tutorial TalkBack.

Setelah Talkback aktif, ada dua cara umum untuk menjelajahinya:

1. Navigasi linier

Geser ke kanan atau ke kiri dengan cepat untuk membuka seluruh elemen layar secara berurutan. Ketuk dua kali di mana saja untuk memilih elemen layar saat ini.

2. Ketuk untuk info

Tarik jari kita di atas layar untuk mendengar konten di bawah jari kita. Ketuk dua kali di mana saja untuk memilih elemen saat ini.

Cara ini pun diperlihatkan oleh Putri dalam video singkatnya. Dalam video itu, Talkback akan mengeluarkan suara yang cukup jelas, untuk menjelaskan isi konten. Aplikasi ini benar-benar sangat membantu para tunanetra.

Beberapa orang mengomentari cara Putri menggunakan Talkback. “8 tahun jadi sales handphone, baru tahu ada orang yang benar-benar menggunakan fitur Talkback, biasanya kebanyakan bapak-bapak ibu-ibu kepencet Talkback terus minta dibenerin,” kata akun @irfan.sun*** mengomentari.

“Ku kira selama ini yang balas komen-komennya ortu atau manajer dia gitu, ternyata dia sendiri (emoji haru). Keren masya Allah,” kata akun @shyraz***.

“Ya Allah saya baru tahu ternyata Putri membalas langsung postingannya dengan cara yang tidak mudah loh, satu jari saja tanpa melihat termasuk pilihan emoticonnya. Masya Allah,” kata akun @as_rusi_friends.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement