Sabtu 10 Jun 2023 02:28 WIB

Sikap Seperti Ini Dapat Perpanjang Usia Harapan Hidup Hingga 7 Tahun Lebih Lama

Kebanyakan centenarian memiliki sikap dan pandangan hidup yang khas.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Lansia berolahraga (ilustrasi). Para centenarian rata-rata memiliki ciri kepribadian yang sama, yakni sikap mental positif.
Foto: www.maxpixel.com
Lansia berolahraga (ilustrasi). Para centenarian rata-rata memiliki ciri kepribadian yang sama, yakni sikap mental positif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak diragukan lagi bahwa pilihan pola makan yang baik dan gaya hidup sehat adalah pilar umur panjang. Namun, sikap dan pandangan Anda juga dapat memainkan peran utama dalam hal usia harapan hidup, menurut buku Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life.

Dianggap sebagai salah satu buku paling populer tentang umur panjang, karya tersebut menyoroti praktik zona biru, yang menggambarkan area dengan beberapa orang yang paling lama hidup di dunia. Kebanyakan orang pada atau mendekati usia 100, juga dikenal sebagai centenarian, memiliki beberapa ciri kepribadian yang sama yang mungkin telah membantu umur panjang mereka.

Baca Juga

Menariknya, sikap mental positif adalah salah satu sifat yang menghubungkan banyak dari mereka bersama. Nicci Roscoe, pakar kesehatan dan kesejahteraan holistik, mengatakan, memilih untuk memiliki sikap positif dapat mengubah persepsi Anda tentang tantangan apa pun yang terjadi dalam hidup Anda, mulai dari masalah kesehatan atau hubungan hingga masalah pekerjaan atau keuangan.

Anda dapat meningkatkan usia harapan hidup dengan memiliki pandangan positif. Sebab, itu akan mengirimkan pesan positif ke pikiran bawah sadar Anda.

"Jika Anda terus bersikap negatif, alam bawah sadar Anda mendengarkan Anda dan terus memberi makan pikiran dan tubuh Anda dengan pikiran pesimistis," ujar Roscoe, seperti dilansir laman Express, Jumat (9/6/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement