Selasa 06 Jun 2023 18:26 WIB

Onde Mande! Dinilai Berpotensi Meriahkan Pariwisata Sumatra Barat

Kemenparekraf akan dorong travel agent bikin paket wisata Onde Mande!.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Deretan para aktor, sutradara, dan produser film Onde Mande!
Foto: Republika/Meiliza Laveda
Deretan para aktor, sutradara, dan produser film Onde Mande!

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film Onde Mande! yang akan tayang di layar lebar mulai 22 Juni 2023 mengangkat beberapa destinasi wisata Sumatra Barat. Film ini pun mendapat dukungan penuh dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

"Menarik ini karena ada Danau Maninjau, ada Desa Sigiran dengan Kelok 44, dan Danau Maninjau. Saya ucapkan terima kasih karena mengangkat pariwisata dan budaya kita, gotong royong," ungkap Sandiaga dalam Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (5/6/2023).

Baca Juga

Dalam kesempatan tersebut, video trailer film Onde Mande! juga ditayangkan secara khusus kepada jajaran Kemenparekraf dan media yang hadir. Sandiaga berharap nantinya akan banyak jajarannya yang ikut menonton film Onde Mande!.

Weekly Brief Sandiaga Uno juga dihadiri oleh sineas dan pemeran Onde Mande!, yaitu Paul Fauzan Agusta selaku sutradara, Suryo Wiyogo selaku produser, Jajang C Noer yang berperan sebagai Ni Ta, dan Shenina Cinnamon yang memerankan Si Mar.

Sandiaga sangat mengapresiasi kehadiran film Onde Mande! karya Paul yang juga berdarah Minang. Sandiaga pun memastikan kementeriannya mendukung penuh film Onde Mande! dan menyebut film ini bagus untuk ditonton oleh masyarakat karena menggerakkan ekonomi kreatif serta sektor pariwisata.

"Keren banget nih, dapet subsektor filmnya dari ekonomi kreatif, dapet promosi destinasi wisatanya juga," kata Sandi.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini menyebut pihaknya akan mengembangkan potensi Danau Maninjau sebagai lokasi pariwisata. Ia pun menilai film Onde Mande! mengusung tema dan genre yang segar di industri perfilman Indonesia.

"Dari kami Kemenparekraf, terutama dari Pemasaran, senang banget. Ini akhirnya ada genre baru di film Indonesia yang tidak melulu itu-itu saja. Dan ini kan ada cerita, ada makanannya, ada lagunya, ada destinasinya, semua jadi satu. Jadi kami ingin sekali ketika film ini meledak, nanti akan banyak sekali orang yang ingin mengunjungi Danau Maninjau," kata Made.

"Kami akan undang travel agent, online maupun konvensional untuk jualan paket berkunjung ke Danau Maninjau. Paket Onde Mande! jadi makanannya, destinasinya, danaunya, lagu, semua. Kami akan amplifikasi di seluruh jaringan kami. Saya rasa ini prospeknya sangat bagus," kata dia.

Onde Mande! merupakan film persembahan Visinema yang bekerjasama dengan Gandrvng Films dan Visionari Capital. Film ini dibintangi oleh sederet aktor dan aktris lintas generasi yang memiliki garis keturunan Minang, yakni Shenina Cinnamon, Emir Mahira, Jajang C Noer, Jose Rizal Manua, Shahabi Sakri, Ajil Ditto, dan Musra Dahrizal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement