Senin 15 May 2023 18:44 WIB

Shenina Cinnamon Dituntut Berbahasa Minang di Film Onde Mande!

Meski berdarah Sumbar, Shenina Cinnamon mengaku hanya pasif berbahasa Minang.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Shenina Cinnamon dan Emir Mahira dalam konferensi pers film Onde Mande!, di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Senin (15/5/2023).
Foto: Republika/Meiliza Laveda
Shenina Cinnamon dan Emir Mahira dalam konferensi pers film Onde Mande!, di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Senin (15/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Shenina Cinnamon mendapat tantangan baru dalam dunia seni peran ketika diajak tampil di film berjudul Onde Mande! Di film yang bergenre drama keluarga dan komedi ini, dia berperan sebagai guru SD bernama Si Mar.

"Karakter Mar itu sayang banget sama keluarganya. Dia mau bantu dan dukung orang tua," kata Shenina di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Senin (15/5/2023).

Baca Juga

Onde Mande! merupakan proyek film pertama Shenina yang syuting tidak menggunakan bahasa Indonesia. Kali ini, peran yang dimainkannya menuntutnya untuk belajar bahasa Minang.

Sebetulnya Shenina mempunyai darah Minangkabau dari sang ibu. Hanya saja, dia tidak bisa berbicara menggunakan bahasa Minang.

Shenina mengaku hanya bisa memahami ucapan jika ada orang berbicara dengan bahasa Minang. Meski begitu, bahasa bukan menjadi hambatan Shenina dalam menunjukkan performanya.

"Jadi, aku harus belajar dulu. Untungnya kru film juga banyak orang Minang asli. Kalau aku kurang atau salah, mereka memberi tahu aku," ujarnya.

Selain itu, Shenina juga belajar melalui voice note (VN). Dia mendengarkan orang berbicara bahasa Minang pada setiap dialog lalu dia ulang terus sampai akhirnya bisa.

"Ini juga dibantu kru ditambah orang sound-nya orang Minang. Setiap salah langsung dibenarkan. Kalau ditanya sering salah atau tidak, pasti sering karena tidak semudah itu," ujarnya.

Dalam Onde Mande!, Shenina juga bekerja bersama para aktor senior. Di antaranya adalah Jajang C Noer (Ni Ta) dan Da Am (Jose Rizal Manua).

"Selama syuting aku bareng mereka karena mereka adalah ibu dan bapak aku di film," katanya.

Onde Mande! merupakan film persembahan dari Visinema yang bekerja sama dengan Gandeng Ceneng Film dan Visionari Capital. Film tersebut digarap oleh sutradara Paul Agusta yang berdarah Minang dan diproduseri Suryo Wiyogo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement