Jumat 02 Jun 2023 21:12 WIB

Film Animasi yang Tampilkan Karakter LGBT

Beberapa judul yang meampilkan karakter LGBT merupakan film populer.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film Lightyear. Lightyear merupakan salah satu film animasi yang dianggap memiliki karakter LGBT.
Foto: Disney/Pixar
Salah satu adegan dalam film Lightyear. Lightyear merupakan salah satu film animasi yang dianggap memiliki karakter LGBT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat memilih film animasi yang akan ditonton bersama anak, orang tua sebaiknya hati-hati. Selain konten dewasa yang mungkin terselip, ada pula konten-konten yang menyertakan lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT).

Berikut ini deretan film animasi yang menampilkan LGBT, bahkan beberapa di antaranya termasuk dalam film populer dan terlaris:

Baca Juga

1. Zootopia

photo
Zootopia - ()

 

Dilansir laman CBR, Jumat (2/6/2033), Zootopia yang dirilis pada 2016 menyertakan pasangan gay. Film ini mendapatkan banyak pujian dan pengakuan sebagai hit sukses seperti film Frozen produksi Disney pada 2013.

Film ini dibintangi oleh duo dinamis Ginnifer Goodwin sebagai polisi kelinci bernama Judy Hopps, dan Jason Bateman sebagai penipu amatir bernama Nick Wilde. Petualangan komedi beresonansi dengan anak-anak dan orang dewasa karena unsur-unsurnya yang menyenangkan dan pesan yang kuat untuk menghilangkan prasangka. Namun, pencapaiannya yang paling signifikan datang dari penyertaannya yang halus.

Ketika Judy Hopps pindah ke apartemen Zootopia yang lusuh, dia bertemu sebentar dengan sepasang antelop yang memberitahunya bahwa mereka berniat membuat banyak keributan dan tidak pernah berencana untuk meminta maaf untuk itu. Butuh beberapa kesimpulan, tetapi praduga mengarah pada kesimpulan bahwa antelop itu berkencan atau bahkan mungkin menikah.

Selanjutnya, kredit Zootopia mencantumkan antelop sebagai Bucky Oryx-Antleson dan Pronk Oryx-Antleson, yang menegaskan bahwa mereka memiliki nama belakang yang sama. Jika itu kurang jelas, salah satu penulis skenario film tersebut mengonfirmasi bahwa keduanya telah menikah di Twitter.

2. Frozen

photo
Film Frozen - (Youtube).

 

Dilansir laman Screen Rant, penggemar berspekulasi tentang seksualitas Elsa sejak Frozen pertama kali dirilis pada 2013. Namun Frozen 2 masih belum membahas apakah dia homoseksual atau tidak. Disney tidak mengonfirmasi atau menyangkal teori tersebut, tetapi media sosial telah membahas topik tersebut dengan semangat baru sejak Disney+ merilis film tersebut lebih awal di tengah lockdown pandemi virus corona.

3. Finding Dory

photo
Finding Dory - (theglobeandmail)

 

Perdebatan tentang apakah Finding Dory menampilkan pasangan sesama jenis pertama dari Disney/Pixar tidak akan berakhir. Setelah trailer terbaru Finding Dory dirilis, muncul spekulasi yang merajalela bahwa salah satu adegan menampilkan pasangan lesbian.

Laman USA Today bertanya kepada sutradara Finding Dory, Andrew Stanton, di pemutaran perdana dunia kala itu, apakah pasangan yang digambarkan di layar memang pasangan lesbian. Dia tidak mengonfirmasi atau menyangkal.

Selain itu ada juga film Strange World dan Lightyear...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement