Kamis 01 Jun 2023 22:53 WIB

Putri Bruce Willis tak Menyangka Tingkah Aktor Die Hard Itu Dulu Tanda Awal Demensia

Bruce Willis berhenti akting setelah menderita demensia frontotemporal.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Die Hard, Bruce Willis, menderita demensia frontotemporal.
Foto:

Apa aktivitas sehari-hari Bruce sekarang ini? Menurut Tallulah, ayahnya sering menghabiskan hari di lantai dasar rumah yang terdiri dari dapur, ruang makan, dan ruang keluarga. Bruce juga kerap berada di ruang kantornya.

Talullah menulis bahwa demensia sang ayah tidak memengaruhi mobilitasnya. Bruce juga masih ingat siapa Tallulah serta merasa ceria ketika sang putri memasuki ruangan.

photo
Demensia frontotemporal, penyakit yang mengusik Bruce Willis. - (Republika)

Tallulah mencatat bahwa ada perbedaan antara demensia frontotemporal dan penyakit Alzheimer. Setidaknya, di awal penyakit, yang pertama ditandai dengan defisit bahasa dan motorik, sedangkan yang terakhir memunculkan lebih banyak kehilangan memori.

Di tengah diagnosis ayahnya yang bintang laga itu, Tallulah sekarang fokus pada kesejahteraan keluarganya dan bagaimana dia bisa membuat ayahnya lebih nyaman. Ahli saraf di Cleveland Clinic Lou Ruvo Center for Brain Health, Jagan Pillai, mengatakan bahwa harapan hidup seseorang dengan demensia frontotmeporal bergantung pada bagian otak yang terkena, seberapa parah pengaruhnya, dan tingkat perkembangan penyakitnya.

Sementara itu, Cleveland Clinic mencatat rata-rata harapan hidup setelah diagnosis FTD adalah 7,5 tahun. Association for Frontotemporal Degeneration memberikan rentang tujuh hingga 13 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement