Rabu 31 May 2023 23:10 WIB

Mau Beli Sikat Gigi? 2 Hal Ini Bisa Jadi Pertimbangan

Dengan memilih sikat gigi tepat, Anda dapat merawat gigi dan gusi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Sikat gigi (ilustrasi). Ada dua pertimbangan sebelum Anda memutuskan membeli sikat gigi baru.
Foto: www.freepik.com
Sikat gigi (ilustrasi). Ada dua pertimbangan sebelum Anda memutuskan membeli sikat gigi baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memilih sikat gigi yang tepat sangat penting untuk menjaga kebersihan mulut yang baik. Ini membantu memastikan pembersihan yang optimal, meningkatkan kesehatan gusi, memungkinkan akses ke semua area mulut Anda.

"Dengan memilih sikat gigi yang tepat dan menggantinya secara teratur, Anda dapat merawat gigi dan gusi Anda secara efektif, mencegah masalah gigi dan mempromosikan senyum yang sehat," ujar pakar desain senyum dan pendiri Smile Couture Dental Clinic, dr Parampreet Kohli, seperti dilansir laman Hindustan Times, Rabu (31/5/2023).

Baca Juga

Director of STIM Oral Care, Viren Khuller, mengatakan ada dua hal utama yang bisa diperhatikan yaitu bulu dan kepala sikat.

Bulu

Ada berbagai jenis bulu sikat gigi.

1. Bulu lembut: Bulu lembut lembut pada gusi dan enamel gigi, sehingga cocok untuk orang dengan gigi atau gusi sensitif.

2. Bulu sedang: Bulu sedang memberikan keseimbangan antara kelembutan dan ketegasan.

3. Bulu keras: Bulu keras lebih kaku dan dapat memberikan tindakan pembersihan yang lebih kuat.

4. Bulu ekstra lembut: Bulu ekstra lembut bahkan lebih lembut daripada bulu lembut dan sering direkomendasikan untuk individu dengan gigi atau gusi yang sangat sensitif.

5. Bulu meruncing: Bulu meruncing memiliki ujung yang runcing atau membulat, sehingga dapat menjangkau dan membersihkan area yang sulit dijangkau, seperti sela-sela gigi dan sepanjang garis gusi.

6. Bulu silang: Bulu silang memiliki susunan yang unik dimana bulunya miring ke arah yang berbeda.

7. Bulu multi-level: Bulu multi-level memiliki ketinggian bulu yang berbeda pada kepala sikat. Desain ini membantu membersihkan berbagai permukaan gigi secara bersamaan, termasuk permukaan depan, belakang, dan kunyah.

Dr Kohli mengatakan, sangat penting untuk dicatat bahwa Indian Dental Association (IDA) serta American Dental Association (ADA) merekomendasikan penggunaan sikat gigi dengan bulu yang lembut untuk kebanyakan orang karena umumnya dianggap aman dan efektif untuk perawatan mulut sehari-hari. "Jenis bulu dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan kesehatan mulut individu tertentu, jadi disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi atau profesional gigi untuk rekomendasi yang dipersonalisasi," ujar dr Kohli.

Khuller mengatakan sebagian besar profesional gigi merekomendasikan penggunaan sikat gigi berbulu halus. Kecuali jika direkomendasikan oleh dokter gigi, kita tidak boleh menggunakan sikat gigi berbulu keras karena bisa berdampak buruk bagi gusi dan enamel kita.

Ukuran kepala sikat gigi

Ada beberapa jenis kepala sikat gigi yang tepat:

1. Kepala sikat standar: Ini adalah jenis kepala sikat gigi yang paling umum, menampilkan bentuk persegi panjang dengan deretan bulu sikat.

2. Kepala sikat yang ringkas: Ukuran kepala sikat ini lebih kecil dibandingkan dengan kepala sikat standar, membuatnya cocok untuk orang dengan mulut lebih kecil.

3. Kepala sikat ortodontik: Kepala sikat ortodontik dirancang khusus untuk individu dengan kawat gigi atau peralatan ortodontik lainnya.

4. Kepala sikat interdental: Kepala sikat ini memiliki desain ramping dan meruncing, menampilkan bulu sikat yang dapat menjangkau sela-sela gigi dan membersihkan sepanjang garis gusi.

5. Kepala sikat perawatan gusi: Kepala sikat ini memiliki bulu ekstra lembut yang lembut di gusi

6. Kepala sikat pembersih lidah: Beberapa sikat gigi dilengkapi dengan perlengkapan tambahan atau kepala sikat khusus untuk membersihkan lidah.

Khuller mengatakan, Anda harus selalu menggunakan sikat gigi kepala kecil karena mencapai geraham terakhir dan menghilangkan plak secara efektif

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement