Rabu 31 May 2023 20:50 WIB

Bingung Pilih Sikat Gigi Manual atau Elektrik, Pertimbangkan Ini Dulu

Pilihan antara sikat gigi manual atau elektrik tergantung pada preferensi pribadi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Sikat gigi (ilustrasi). Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih sikat gigi yang terbaik.
Foto: PxHere
Sikat gigi (ilustrasi). Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih sikat gigi yang terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga kebersihan mulut sangat penting untuk senyum yang sehat. Salah satu alat terpenting dalam perawatan mulut Anda adalah sikat gigi.

Dengan beragam pilihan sikat gigi yang tersedia di pasaran, memilih sikat gigi yang tepat untuk perawatan mulut yang optimal bisa menjadi tugas yang menakutkan. Ada beberapa jenis sikat gigi yang tersedia di pasaran, masing-masing dirancang untuk memenuhi kebutuhan perawatan mulut yang berbeda.

Baca Juga

Dengan memahami fitur-fitur utama dan mempertimbangkan kebutuhan khusus gigi, Anda dapat membuat keputusan berdasarkan informasi yang mendukung kesehatan mulut yang optimal dan menjaga senyum Anda tetap cerah. Salah satu pilihan yang ada di masyarakat adalah sikat gigi manual dan elektrik. Pilihan antara sikat gigi manual atau elektrik tergantung pada preferensi pribadi.

Director of STIM Oral Care, Viren Khuller, mengatakan, sikat gigi elektrik dikenal karena penghilangan plak dan kenyamanannya yang unggul. Mereka membutuhkan lebih sedikit usaha manual. Namun, sikat gigi manual yang digunakan dengan teknik yang tepat juga bisa sangat efektif.

 

Sikat gigi manual dan elektrik dapat efektif jika digunakan dengan benar. Sikat gigi elektrik dengan kepala berosilasi atau berputar dapat lebih efisien dalam menghilangkan plak. Namun sikat gigi manual juga dapat bekerja dengan baik jika menggunakan teknik menyikat gigi yang benar.

Pakar desain senyum dan Pendiri Smile Couture Dental Clinic, dr Parampreet Kohli, mengatakan, sikat gigi manual adalah jenis yang paling umum sikat gigi. Bagian terpenting dari sikat gigi adalah bulu dan kepalanya.

"Sikat gigi tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, dan tekstur bulu (lembut, sedang, atau keras) untuk menyesuaikan preferensi dan kebutuhan yang berbeda," ujar dr Parampreet Kohli, seperti dilansir laman Hindustan Times, Rabu (31/5/2023).

Selain jenis elektrik atau manual, Anda juga perlu mempertimbangkan desain gagang. Khuller menyarankan untuk memilih sikat gigi dengan pegangan yang nyaman dan ergonomis. Carilah pegangan yang terasa aman dan memungkinkan manuver yang mudah selama menyikat. Genggaman karet dapat memberikan stabilitas dan kontrol tambahan.

Dia menyebut, selain memilih sikat gigi yang tepat, sangat penting untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari selama masing-masing dua menit. Padukan rutinitas menyikat gigi dengan pembersihan interdental secara teratur dan kunjungan ke dokter gigi untuk kesehatan mulut yang menyeluruh.

"Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini dan menemukan sikat gigi yang sesuai dengan kebutuhan, Anda akan berada di jalur yang tepat untuk mempertahankan perawatan mulut yang optimal dan senyum yang sehat," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement