Rabu 31 May 2023 22:16 WIB

The Little Mermaid, Remake Live-Action Disney dengan Skor Tertinggi di Rotten Tomatoes

The Little Mermaid memperoleh skor 95 persen di Rotten Tomatoes.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Aktris Halle Bailey sebagai Ariel di The Little Mermaid. FIlm ini jadi remake live-action Disney dengan skor tertinggi di Rotten Tomatoes.
Foto: Dok Disney
Aktris Halle Bailey sebagai Ariel di The Little Mermaid. FIlm ini jadi remake live-action Disney dengan skor tertinggi di Rotten Tomatoes.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film The Little Mermaid yang baru dirilis memecahkan rekor Rotten Tomatoes yang luar biasa. Film adaptasi dari versi 1989 ini adalah film putri Disney resmi kelima yang diadaptasi menjadi live-action, dengan ada Cinderella pada 2015, Beauty & The Beast tayang perdana dua tahun kemudian, Aladdin pada 2019, dan Mulan pada 2020.

Namun, Disney telah merilis film live lainnya yang tak terhitung jumlahnya. Meski begitu, film-film tersebut cukup berhasil bagi Disney untuk terus berjalan. Disney sudah memiliki live-action Snow White dan Lilo & Stitch yang dijadwalkan rilis pada 2024, yang berarti setiap reaksi yang diterima perusahaan dari film live-action sebelumnya tidak merugikan secara finansial.

Baca Juga

Meskipun mendapat ulasan negatif, sebagian besar film memiliki skor penonton Rotten Tomatoes yang bagus. Salah satu film live-action Disney dengan rating lebih rendah adalah Into The Woods pada 2014, yang hanya memiliki skor penonton 49 persen. Namun, sebagian besar berada pada tahun 80-an dan 90-an. Dengan dirilisnya The Little Mermaid karya Rob Marshall, film yang dipimpin oleh Halle Bailey ini telah menetapkan standar baru untuk film live-action Disney.

Terlepas dari beberapa reaksi negatif, The Little Mermaid memiliki skor penonton Rotten Tomatoes tertinggi dari semua remake live-action Disney. Film Cinderella ada di rating pada 78 persen dan Lady and the Tramp hanya memperoleh 50 persen, The Little Mermaid memiliki skor penonton 95 persen. Satu-satunya film live-action Disney dengan skor lebih tinggi adalah Cruella pada 2021, dengan skor 97 persen. Namun, penting untuk dicatat bahwa Cruella lebih merupakan prekuel, bukan pembuatan ulang yang sebenarnya.

Sayangnya, skor kritik The Little Mermaid jauh lebih rendah, turun menjadi 68 persen. Meskipun skor penontonnya menunjukkan bahwa penggemar The Little Mermaid senang dengan cerita yang diperbarui, serta penampilan Bailey sebagai Ariel dan Jonah Hauer-King yang lebih substansial memerankan Pangeran Eric. Selain itu, semua hype seputar film tersebut, termasuk kegembiraan seputar pilihan casting untuk Ariel, mungkin telah memengaruhi penilaian penggemar terhadap film tersebut.

Anehnya, film animasi asli Disney memiliki skor penonton yang lebih rendah, dan Tomatometer yang lebih tinggi. Film ini hanya memiliki skor penonton 88 persen, tetapi 92 persen dari kritikus. Ini mungkin karena penggemar dan kritikus menonton film dengan ekspektasi berbeda. Sementara penggemar mungkin menikmati semua elemen baru dari remake, kritikus mencari bagaimana hal itu bertahan terhadap standar yang dibuat oleh aslinya. Berdasarkan ulasan, kritikus tampaknya menghargai apa yang dilakukan animator Disney pada 1989 untuk The Little Mermaid asli lebih dari apa yang dibuat pembuat film 33 tahun kemudian, termasuk penggunaan CGI yang banyak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement