Rabu 31 May 2023 02:17 WIB

Jadi Ariel di The Little Mermaid, Halle Bailey Ungguli Putri Disney Lainnya?

Halle Bailey membuat karakter utama Ariel bersinar dalam film The Little Mermaid.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Aktris Halle Bailey sebagai Ariel di film live action terbaru dari Disney, The Little Mermaid.
Foto: Dok Disney
Aktris Halle Bailey sebagai Ariel di film live action terbaru dari Disney, The Little Mermaid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bintang Halle Bailey membuat karakter utama Ariel bersinar dalam film Disney live-action The Little Mermaid. Selama satu dekade terakhir, Disney merilis banyak remake live-action dari film animasi klasiknya, termasuk film Cinderella, Beauty and the Beast, Mulan, The Little Mermaid pada 2023, dan Snow White baru yang tayang perdana pada 2024.

Sementara skor Rotten Tomatoes The Little Mermaid relatif rendah dengan 68 persen, banyak ulasan setuju bahwa film 2023 ini berhasil menduduki tempat yang paling penting berkat penampilan Halle Bailey sebagai Ariel. Mengikuti Lily James sebagai Cinderella, Emma Watson sebagai Belle, Naomi Scott sebagai Jasmine, dan Yifei Liu sebagai Mulan, Halle Bailey berenang ke perairan yang belum ada di peta sebagai Ariel live-action pertama dalam remake beranggaran besar.

Baca Juga

Melangkah ke posisi putri animasi klasik sering kali menemui keraguan mengingat ekspektasi tinggi terhadap para aktris untuk menghidupkan karakter yang dicintai ini. Namun tidak ada aktris yang menghadapi serangan balik seperti Bailey, yang casting-nya disambut dengan kritik rasis.

Terlepas dari reaksi konyol terhadap Halle Bailey, penyanyi-aktris ini telah muncul dari The Little Mermaid sebagai aspek film yang paling dipuji dan putri live-action terhebat untuk Disney sejauh ini. Sejak pengumuman pertama pada 2019, Bailey menjadi sasaran kritik rasis tanpa alasan jelas.

Reaksi tersebut didasarkan pada perbedaan fisik Bailey dari putri duyung fiksi dalam film animasi asli yang dirilis pada 1989. Namun Bailey membuat sejarah sebagai aktris kulit hitam pertama yang memerankan Ariel dalam film live-action, sedangkan karakter animasinya berkulit putih.

Mengingat Ariel adalah putri duyung fiktif, mengkritik aktris berdasarkan penampilannya tidak masuk akal, terutama ketika aktris tersebut dengan sempurna mewujudkan perannya. Untungnya, meniru gambar Ariel Disney pada 1989 yang tepat tidak diperlukan untuk pembuatan ulang The Little Mermaid yang memungkinkan film tersebut menemukan pemeran terbaiknya di Halle Bailey.

Halle Bailey menampilkan semua yang diperlukan untuk menampilkan versi live-action Ariel yang terhebat di layar. Bailey memiliki kemampuan menyanyi alami yang diperlukan untuk membuat lagu-lagu The Little Mermaid tercinta seperti "Part of Your World" sama memesona dalam live-action seperti film aslinya, keterampilan akting untuk memikat penonton melalui cerita sebenarnya, dan chemistry dengan lawan main.

Sementara beberapa adaptasi live-action mungkin lebih menyukai keterampilan tertentu daripada yang lain saat memilih aktris yang tepat, Bailey mencakup semua bakat, keajaiban, dan hati yang dibutuhkan untuk Ariel dalam pembuatan ulang The Little Mermaid Disney. Mendapatkan cast yang tepat untuk memerankan Ariel juga lebih sulit, mengingat fakta bahwa dia tidak berbicara untuk sebagian besar film. Ariel harus memiliki karisma alami dan secara meyakinkan menggunakan bahasa tubuh untuk menyampaikan emosi untuk sebagian besar waktu tayang The Little Mermaid.

Saat menilai kualitas keseluruhan remake live-action Disney, belum ada tuan putri Disney yang menerima pujian sebanyak Ariel dari Halle Bailey, seperti yang ditunjukkan oleh ulasan di Rotten Tomatoes. Penampilan Bailey-lah yang mengangkat film tersebut.

Putri-putri Disney live-action sebelumnya telah dipuji atas penampilan dalam pembuatan ulang, mereka tidak mendapat sorotan secara luas sebagai penyelamat film. Penampilan menawan dari Bailey, dengan cemerlang menghidupkan semua bagian terbaik dari karakter Ariel.

The Little Mermaid menambahkan 52 menit ke durasi film asli karena secara unik meningkatkan cerita latar dan kepribadian karakternya. Pangeran Eric memiliki perubahan backstory terbesar, waktu tayang The Little Mermaid yang diperpanjang juga memberi Ariel fokus tambahan karena kecemasannya menjadi manusia.

Setelah dia kehilangan suaranya, perasaan Ariel di film aslinya terutama dirasakan melalui bahasa tubuh yang berlebihan dan suara Sebastian, sedangkan The Little Mermaid pada 2023 menambahkan lagu lain untuk mengungkapkan perasaan Ariel dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk memberinya hubungan romantis alami dengan Eric.

Bailey adalah aset terbesar The Little Mermaid. Ariel juga diberi kedewasaan lebih, yang meningkatkan anggapan bahwa pilihan menukar suara dengan kaki adalah tujuan alih-alih keinginan naif. Bailey secara efektif membuat Ariel lebih berani, kuat, dan bernuansa daripada karakter pada 1989.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement