Selasa 30 May 2023 02:17 WIB

Warna Favorit Saat Dewasa 'Tunjukkan' Kepribadian Seseorang, Ini Penjelasannya

Menurut terapis dan pakar, warna favorit bisa dikaitkan dengan kepribadian seseorang.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Aneka warna (ilustrasi). Warna favorit pada masa dewasa bisa dikaitkan dengan ciri kepribadian seseorang.
Foto: www.freepik.com
Aneka warna (ilustrasi). Warna favorit pada masa dewasa bisa dikaitkan dengan ciri kepribadian seseorang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Setiap orang mungkin memiliki warna favorit. Ternyata, melansir dari laman Best Life, Senin (29/5/2023), warna favorit pada masa dewasa bisa dikaitkan dengan ciri kepribadian seseorang.

Berikut ini merupakan pendapat terapis dan pakar warna tentang hal tersebut.

Baca Juga

Biru

Biru adalah warna paling populer di dunia. Sebuah studi tahun 2015 yang dilakukan oleh YouGov menanyakan kepada orang-orang di 10 negara di empat benua, apa warna favorit mereka, dan biru adalah nomor satu di setiap lokasi.

“Daya tarik universal warna ini kemungkinan besar karena hubungannya dengan langit dan air,” kata psikoterapis dan CEO Holistic Wisdom, Lisa Lawless. Dalam hal ini, warna biru membangkitkan perasaan rileks dan tenang.

“Oang-orang yang tertarik pada perasaan itu sering kali adalah pemecah masalah yang empatik, jujur, dapat diandalkan, dan kuat,” kata psikolog dan penasihat media Hope for Depression Research Foundation, Michele Goldman.

Biru juga menandakan bahwa seseorang dapat dipercaya. Faktanya, seperti yang dicatat oleh Lawless, penelitian telah menunjukkan bahwa mengenakan warna biru membuat seseorang terlihat lebih dapat dipercaya oleh orang lain. Ini juga mengapa bisnis seperti bank cenderung menggunakan warna ini.

Namun, warna biru yang disukai bisa menambah nuansa pada tipe kepribadian mereka. Biru muda terhubung ke individu yang santai dan damai. Biru langit cenderung memancarkan asosiasi yang lebih berjiwa bebas dan optimis. Biru tua sering dikaitkan dengan keunikan dan individualitas. Sedangkan biru kobalt menyampaikan kepribadian yang bersemangat dan energik.

Salah satu aspek negatif dari kepribadian pecinta biru adalah orang-orang ini bisa menjadi terlalu banyak berpikir, mengkritik diri sendiri, dan bergumul dengan perasaan tidak aman.

Hijau

Seperti biru, hijau terhubung dengan alam. “Dalam hal ini, warna biasanya terkait dengan kesehatan dan keseimbangan,” kata Lawless.

Orang yang menyukai warna hijau cenderung produktif, terdorong sangat cerdas, dan perfeksionis. Sikap pecinta hijau yang berkepala dingin seringkali mampu menenangkan diri mereka sendiri dan orang lain.

Hijau zaitun yang bersahaja cenderung merupakan mediator yang sangat baik, serta menghargai keseimbangan dan stabilitas. Hijau zamrud dikaitkan dengan kepercayaan diri dan ambisi. Sedangkan hijau mint dikaitkan dengan kebaikan, optimisme, dan kelembutan.

Tapi jangan lupa dengan ungkapan green with envy. Goldman menunjukkan, kepribadian pekerja keras dan analitis dari pecinta hijau dapat membuat mereka posesif, tidak sabar, dan materialistis.

Ungu

Ini adalah warna royalti dan untuk alasan yang bagus. "Ungu cenderung cerah dan kuat, warna yang berani dengan kepribadian yang berani," kata Goldman. Untuk alasan ini, mereka yang menyukai warna ungu tidak takut untuk menjadi diri mereka sendiri dan seringkali artistik, spiritual, dan imajinatif.

Ungu tua diasosiasikan dengan kecanggihan, introspeksi, dan kreativitas. Sebagai perbandingan, warna ungu muda, seperti lavender dan lilac lebih diasosiasikan dengan kepekaan, kasih sayang, dan kehadiran yang harmonis.

Namun, sifat yang sangat emosional dan aneh dari orang-orang ini membuat mereka merasakan sesuatu secara mendalam, yang dapat menyebabkan kemurungan dan perasaan disalahpahami.

Pink

Lawless mencatat bahwa pink cenderung menarik romantisme, tetapi ini berlaku bagi orang yang warna favoritnya pink. "Pink sering dikaitkan dengan feminitas, kelembutan, dan kasih sayang," kata Goldman.

"Warna pink muda diasosiasikan dengan kepribadian yang manis, muda, dan menyenangkan. Sedangkan warna pink tua yang lebih dalam menunjukkan keanggunan dan romansa," kata Lawless.

Hot pink menunjukkan semangat dan energi dan sering dikaitkan dengan orang-orang petualang, sedangkan orang yang tertarik pada magenta seringkali kreatif, artistik, dan tidak konvensional.

Merah

Berani, bertenaga, kuat, penuh gairah, ekstrovert, semua ini adalah kata sifat yang digunakan untuk mendeskripsikan orang yang menyukai warna merah. "Mereka biasanya merupakan kekuatan yang harus diperhitungkan dan cenderung percaya diri dan ambisius," kata Lawless.

Ini terutama berlaku bagi mereka yang menyukai warna merah cerah. Sifat lincah itu bisa memengaruhi daya tarik. Studi terpisah sependapat bahwa mengenakan warna merah dapat membuat seseorang tampil lebih menarik.

Tetapi Goldman menunjukkan bahwa semua pengakuan ini dapat bermanifestasi dalam agresi atau perilaku mencari perhatian. Sampai saat ini, sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Personality, menemukan bahwa ada hubungan antara preferensi warna merah dan pengambilan keputusan sosial yang bertentangan. Sedangkan bagi mereka yang lebih menyukai warna merah karat dan bersahaja, mereka cenderung lebih membumi dan menghargai stabilitas, tradisi, dan rasa aman.

Oranye

Orang-orang biasanya menyukai atau membenci jeruk, dan bagi mereka yang berada di kelompok sebelumnya, dapat mengharapkan mereka menjadi antusias, menarik, dan bersosialisasi. "Individu dengan kepribadian warna ini mungkin lebih suka berpetualang dan berani, berani dengan pilihannya, mudah didekati, dan ramah terhadap orang lain," kata Goldman.

Namun, dengan petualangan dan spontanitas ini muncul ketidakpastian dan ketidakkonsistenan. Jadi, mungkin pecinta oranye menempatkan kebutuhan mereka sendiri di atas orang lain dan menghakimi mereka yang tidak begitu riang.

Lawless menambahkan bahwa oranye muda terhubung dengan kepercayaan diri yang bersemangat dan ceria. Sementara oranye tua cocok dengan orang yang rendah hati dan dapat diandalkan yang menghargai stabilitas. Jika seseorang lebih menyukai warna oranye koral, mereka cenderung kreatif dan artistik.

Kuning

"Kuning adalah warna yang merangsang mental, dan orang yang tertarik dengan kuning cenderung imajinatif, sosial, dan antusias," kata Lawless. Bagaimanapun, kuning adalah warna bercahaya dan penuh kebahagiaan. Mereka yang menyukai warna kuning keemasan cenderung lebih condong ke kebijaksanaan, kecerdasan, dan kemewahan. Sedangkan kuning pucat menyampaikan rasa kemurnian dan sikap damai.

Goldman juga mengatakan bahwa kuning mewakili karisma, kepercayaan diri, dan selera humor. Pecinta kuning terlihat bergumul dengan kecemasan dan kecenderungan perfeksionis. Mereka juga mungkin bergumul dengan organisasi dan kurang disiplin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement