Sabtu 27 May 2023 20:38 WIB

Mau Hidup Lebih Bahagia? Coba Terapkan 7 Hal Sederhana Ini dalam Keseharian Anda

Menurut sains, ada cara sederhana untuk menciptakan kebahagiaan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Seseorang sedang berbahagia (ilustrasi). Setidaknya ada tujuh aktivitas yang menurut sains dapat membuat Anda lebih bahagia.
Foto: www.freepik.com
Seseorang sedang berbahagia (ilustrasi). Setidaknya ada tujuh aktivitas yang menurut sains dapat membuat Anda lebih bahagia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sains menunjukkan, ada cara sederhana untuk menciptakan kebahagiaan. Dengan menetapkan kebiasaan tertentu yang meningkatkan suasana hati dalam kehidupan sehari-hari, Anda mungkin dapat secara bertahap menumbuhkan perasaan bahagia.

Dilansir laman Best Life pada Sabtu (27/5/2023), berikut tujuh hal mudah yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia:

Baca Juga

1. Berbicara dengan orang asing

Tetap terhubung secara sosial dengan teman dan anggota keluarga dikaitkan dengan kesehatan mental dan kesejahteraan yang lebih baik. Namun, penelitian terbaru menunjukkan, bukan hanya orang-orang terdekat yang mampu “memperkaya” hidup Anda.

Menurut sebuah studi pada 2022 yang dilakukan mahasiswa doktoral Harvard Business School, berbicara dengan orang asing juga penting jika Anda ingin meningkatkan suasana hati. Para peneliti menciptakan istilah, "keragaman relasional" untuk menggambarkan dua faktor hubungan yang mengarah pada suasana hati yang lebih bahagia, yaitu kekayaan dan kemerataan.

Kekayaan hubungan seseorang mengacu pada apakah seseorang berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai tingkat kedekatan (anggota keluarga, teman, kenalan, dan orang asing). Kemerataan mengacu pada seberapa merata interaksi mereka di seluruh kelompok ini.

"Semakin banyak kategori hubungan yang mereka ajak bicara dalam sehari dan semakin banyak percakapan mereka di seluruh kategori tersebut, maka semakin bahagia mereka," kata seorang mahasiswa PhD yang ikut menulis penelitian tersebut, Hanne Collins.

2. Kesukarelawanan

Melakukan tindakan kebaikan atau menjadi sukarelawan bisa menjadi cara mudah lainnya membuat Anda merasa lebih bahagia dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian menemukan, partisipasi dalam layanan sukarela secara signifikan memprediksi kesehatan mental dan fisik yang lebih baik, kepuasan hidup, harga diri, kebahagiaan, gejala depresi yang lebih rendah, tekanan psikologis, serta ketidakmampuan fungsional.

Menurut Mayo Clinic, ada beberapa alasan mengapa memberi kembali dapat meningkatkan tingkat kebahagiaan. Sukarelawan memberikan kesempatan untuk membina hubungan dan memberi orang rasa makna dan tujuan, yang keduanya dapat membantu mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati.

3. Bersyukur

Bersyukur atau praktik mengungkapkan penghargaan atas hal-hal yang Anda hargai dalam hidup, juga dapat meningkatkan tingkat kebahagiaan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement