Jumat 19 May 2023 18:29 WIB

Istri Bruce Willis Sebut tak Banyak Pilihan untuk Pengobatan Demensia

Bruce Willis didiagnosis dengan demensia frontotemporal.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Bruce Willis (kiri) dan istrinya Emma Heming berfoto bersama saat menonton AS Terbuka 2014, di USTA National Tennis Center, Flushing Meadows, New York, Amerika Serikat, 8 September 2014. Willis kini menderita demensia frontotemporal.
Foto:

Heming sebelumnya telah berbicara tentang perjuangannya untuk menghadapi diagnosis suaminya. Dia mengatakan bahwa merawat seseorang dengan demensia dapat mendatangkan perasaan terasing.

photo
Demensia frontotemporal, penyakit yang mengusik Bruce Willis. - (Republika)

Pada Maret 2022, Willis didiagnosis menderita afasia, yakni kelainan saraf yang memengaruhi kemampuan seseorang untuk memahami atau mengungkapkan ucapan. Lalu, pada Februari 2023, keluarga mengumumkan bahwa afasia hanyalah gejala dari diagnosis demensia frontotemporal.

"Sejak kami mengumumkan diagnosis afasia Bruce pada musim semi 2022, kondisinya telah berkembang dan kami sekarang memiliki diagnosis yang lebih spesifik, yakni demensia frontotemporal (dikenal sebagai FTD)," tulis pengumuman keluarga saat itu.

Sejak membuat pengumuman, Heming sangat terbuka tentang bagaimana diagnosis demensia Willis telah mengubah cara dia dan keluarganya merayakan pencapaian mereka. Dalam beberapa bulan terakhir, mereka merayakan ulang tahun ke-68 tahun aktor Die Hard itu sebagai keluarga besar serta ulang tahun pernikahan ke-14 Heming dan Willis.

Salah satu hal yang telah membantu Heming melewati hari-hari yang lebih sulit adalah dukungan dari orang-orang terdekatnya. Di unggahan Instagram, dia menyarankan para pengikutnya untuk tetap dekat dengan orang-orang yang melayani sebagai perawat dan pengasuh.

"Itu membuat saya berpikir tentang betapa sulitnya "pekerjaan" semacam ini bagi caregiver," kata Emma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement