Senin 25 Dec 2023 12:59 WIB

Kondisi Terkini Bruce Willis Setelah Didiagnosis Demensia dan Pensiun dari Dunia Film

Bruce Willis pensiun dari dunia film usai didiadnosis demensia frontitemporal.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Bruce Willis. Pihak keluarga membagikan kondisi kesehatan terkini Bruce Willis.
Foto: EPA
Bruce Willis. Pihak keluarga membagikan kondisi kesehatan terkini Bruce Willis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Bruce Willis pensiun dari dunia hiburan setelah terdiagnosis dengan aphasia dan demensia frontotemporal. Saat ini, kondisi Willis dikabarkan mengalami perburukan.

Pihak keluarga mengungkapkan bahwa Willis terdiagnosis dengan aphasia pada Maret 2022.

Aphasia merupakan gangguan pada otak yang dapat mempengaruhi kemampuan berbicara penderitanya.

 Lalu sekitar setahun setelahnya, Willis terdiagnosis dengan demensia frontotemporal.

Baca Juga

Jenis demensia ini disebabkan oleh kerusakan neuron pada lobus frontal dan temporal di otak. 

"Meski ini menyakitkan, ini juga melegakan karena akhirnya kami mendapatkan diagnosis yang jelas," ujar mantan istri Willis, Demi Moore, mewakili pihak keluarga Willis melalui Instagram seperti dilansir New York Post pada Senin (25/12/2023).



Saat ini, para anggota keluarga Willis berusaha menghabiskan lebih waktu sebanyak dengan sang aktor. Sebagian dari anggota keluarga tersebut adalah istri Willis, Emma, dan anak-anak mereka yaitu Mabel dan Evelyn. Moore beserta anak mereka Rumer, Scout, dan Tallulah juga dikabarkan menghabiskan lebih banyak waktu dengan Willis belakangan ini.



Menurut seorang sumber kepada US Weekly, keluarga besar Willis berkumpul di dekatnya karena kondisi sang aktor memburuk. Perburukan ini tampak semakin signifikan dalam waktu dua bulan ke belakang.



Sang sumber mengungkapkan, keluarga Willis berusaha untuk selalu dekat dengan sang aktor karena mereka tak tahu berapa lama lagi waktu yang tersisa untuk bisa bersama dengan Willis. Oleh karena itu, mereka berusaha menikmati semua momen bersama Willis.



"Mereka semua ada di (rumah Willis) sepanjang waktu," ujar sumber tersebut.



Menurut sang sumber, pihak keluarga selalu berkumpul di sekitar Willis untuk menjadi pengingat bahwa sang aktor selalu dicintai. Sumber berbeda mengungkapkan bahwa Moore merupakan salah satu fasilitator yang membuat keluarga Willis menjadi lebih erat saat ini.



"Semua berkumpul untuk Bruce. Mereka bersyukur memiliki satu sama lain," ujar sang sumber.



Meski sedang sakit, Willis disebut kerap menghibur orang-orang di sekitarnya dengan candaan ala bapak-bapak yang khas. Hal ini membuat keluarga terkadang lupa bahwa Willis sebenarnya sedang bergelut dengan penyakit.



"Ada bagian dari dirinya yang selalu berjiwa besar," ujar sang sumber.



Per Oktober lalu, kreator "Moonlighting" Glenn Gordon Caron juga sempat membagikan kondisi Willis. Saat menjenguk Willis, Caron mengungkapkan bahwa sang aktor tidak banyak berbicara.



Anak perempuan Willis, Scout, juga membagikan beberapa video dan foto terkini Willis melalui media sosial. Dalam sebuah video misalnya, Scout tampak menjulurkan tangan ke arah Willis dan menunggu sang ayah untuk menyambut genggaman tangan tersebut.



Istri Willis, Emma juga beberapa kali membagikan momen-momen keluarga yang spesial bersama Willis. Dalam beragam foto yang dia unggah, Emma terlihat kerap memeluk dan memegang wajah Willis.

Anak perempuan Willis lainnya, Tallulah, cenderung memusatkan fokusnya pada semua kenangan indah bersama sang ayah.

Seperti dilansir FOX News, Tallulah sempat mengunggah serangkaian foto bersama Willis yang berhasil membuat warganet terenyuh.

 "Saya melihat cinta ketika bersamanya, dan dia adalah ayah saya, dan dia mencintai saya, itu sangat istimewa," ujar Tallulah dalam sebuah sesi wawancara dengan Drew Barrymore. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement