Ahad 24 Dec 2023 10:35 WIB

Nama Member BTS Dihapus dari Aplikasi Militer Korea The Camp, Apa Alasannya?

Jumlah pengguna aplikasi The Camp melonjak drastis sejak member BTS wamil.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop BTS. Nama 7 member BTS dihapus dari aplikasi militer Korea The Camp. Pasalnya jika nama BTS terus ada di aplikasi tersebut dikhawatirkan akan melanggar IP.
Foto: @amas/Instagram
Grup K-pop BTS. Nama 7 member BTS dihapus dari aplikasi militer Korea The Camp. Pasalnya jika nama BTS terus ada di aplikasi tersebut dikhawatirkan akan melanggar IP.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama ketujuh anggota grup K-pop BTS dihilangkan dari daftar "star soldier" aplikasi The Camp per 23 Desember 2023. Alasannya diduga karena pencantuman member BTS di aplikasi itu melanggar hak atas kekayaan intelektual (IP).

The Camp adalah aplikasi resmi militer Korea Selatan. Pada awalnya, platform terintegrasi itu dimaksudkan untuk mewadahi kebutuhan komunikasi militer. Misalnya, keluarga atau teman dari peserta wajib militer (wamil) bisa mengirim pesan semangat.

Baca Juga

Namun, seiring waktu, penggemar mulai menggunakannya untuk mendapatkan informasi terbaru tentang selebritas yang sedang wamil. Itu membuat perusahaan pengembang memperluas fitur-fitur aplikasi dengan rencana untuk memonetisasi layanan tertentu.

Dilansir laman Koreaboo, Ahad (24/12/2023), jumlah pengguna aplikasi The Camp melonjak secara signifikan sejak para anggota BTS pergi wamil secara bertahap. Kini, ketujuh anggota BTS yakni Jin, J-Hope, Suga, RM, V, Jimin, dan Jungkook sedang menjalani wamil.

 

Perusahaan teknologi di balik The Camp, Enable Daon Soft, memperkirakan pada tahun ini bisnis mereka akan melampaui break-even point untuk pertama kalinya sejak didirikan. CEO Enable Daon Soft memberikan banyak pujian kepada basis penggemar BTS.

Memang betul banyak penggemar BTS yang dijuluki Army mengandalkan aplikasi The Camp untuk mendapatkan informasi terbaru tentang para member BTS. Namun, ada juga yang tidak setuju dengan berbagai informasi dari The Camp atau seputar aplikasi tersebut.

Di bawah bagian "Soldier Registration", terdapat subbagian "Recommended Star Soldier" yang mencantumkan idola dan selebritas yang saat ini terdaftar secara terpisah. Saat ini, subbagian itu berisi sekitar 30 tentara populer atau yang berasal dari kalangan selebritas.

Sebut saja aktor Nam Joo-hyuk, Mino Winner, dan vokalis Go Woo-rim. Sebelumnya, nama-nama anggota BTS ada juga di subbagian itu. Namun, kini tidak ada satu pun nama anggota BTS yang masuk dalam daftar khusus tersebut, dan ada alasan serius di baliknya.

Berpotensi melanggar hak IP...lanjutkan membaca>> 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement