Sabtu 14 Oct 2023 14:30 WIB

Sahabat Bruce Willis Ungkap Kondisi Terkini Aktor Legendaris Itu, Makin Memilukan?

Aktor Bruce Willis menderita demensia frontotemporal.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Bruce Willis. Sahabat Bruce Willis membagikan kabar terbaru aktor yang menderita demensia frontotemporal.
Foto: EPA
Bruce Willis. Sahabat Bruce Willis membagikan kabar terbaru aktor yang menderita demensia frontotemporal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada awal tahun ini, keluarga Bruce Willis mengungkapkan bahwa Wilis didiagnosis menderita demensia frontotemporal. Kabar tersebut muncul setelah sebelumnya diumumkan pada 2022 bahwa ia menderita afasia dan pensiun dari dunia akting.

Istri Willis, Emma Heming Willis, terus membagikan kabar terbaru tentang aktor tersebut. Kini, orang lain yang dekat dengan bintang tersebut telah angkat bicara.

Baca Juga

Koreator serial "Moonlighting", Glenn Gordon Caron, berbicara kepada New York Post tentang Bruce Willis, termasuk hubungan mereka saat ini, bagaimana perasaan Willis tentang "Moonlighting" yang tersedia secara daring, dan bagaimana keadaan aktor tersebut sekarang. 

1. Willis menderita demensia frontotemporal

 

Dalam pernyataan yang diposting di Instagram dan dibagikan oleh The Association for Frontotemporal Degenerasi pada Februari 2023, keluarga Willis mengumumkan bahwa dia telah didiagnosis menderita demensia frontotemporal. Mayo Clinic menjelaskan, demensia frontotemporal adalah istilah umum untuk sekelompok kelainan otak yang terutama menyerang lobus frontal dan temporal otak. "Area otak ini umumnya berhubungan dengan kepribadian, perilaku, dan bahasa".

Bentuk demensia ini dapat menyebabkan perubahan perilaku serta masalah bicara dan bahasa. Menurut Mayo Clinic, pasien dapat mengalami perubahan dramatis dalam kepribadian mereka dan menjadi tidak pantas secara sosial, impulsif, atau acuh tak acuh secara emosional, sementara yang lain kehilangan kemampuan untuk menggunakan bahasa dengan benar.

Pria berusia 68 tahun itu sebelumnya pernah didiagnosis mengidap afasia, khususnya terkait komunikasi. Afasia adalah kelainan yang memengaruhi cara Anda berkomunikasi. "Ini dapat memengaruhi ucapan Anda, serta cara Anda menulis dan memahami bahasa lisan dan tulisan," menurut Mayo Clinic.

Willis pensiun dari dunia akting setelah diagnosis afasianya. Dalam sebuah wawancara dengan New York Post, Caron berbicara tentang kunjungannya ke Willis, yang katanya dillakukan sebulan sekali, dan betapa menakjubkan melihat Willis dalam kondisinya saat ini.

“Dia telah berusaha sangat keras untuk tetap bertahan dalam hidupnya. Dia orang yang luar biasa,” kata Caron seperti dilansir laman Best Life Online, Sabtu (14/10/2023) 

Hal yang membuat penyakitnya begitu mencengangkan adalah jika Anda pernah menghabiskan waktu bersama Bruce Willis, tidak ada orang yang memiliki joie de vivre (kebahagiaan hidup) lebih dari dia. Dia mencintai kehidupan dan hanya suka bangun tidur bangun setiap pagi dan mencoba menjalani hidup sepenuhnya. 

"Dia benar-benar pria yang luar biasa," kata Caron.

2. Dia pikir Willis masih mengenalinya

Caron menceritakan bahwa dia yakin Willis mengenalinya, walaupun hanya sebentar, selama kunjungan mereka. “Perasaanku adalah satu hingga tiga menit pertama dia mengetahui siapa aku,” kata penulis dan produser itu. 

"Dia tidak sepenuhnya verbal, dia dulunya adalah seorang yang suka membaca, dia tidak ingin siapa pun mengetahui hal itu dan dia tidak membaca sekarang. Semua keterampilan bahasa itu tidak lagi tersedia baginya, namun dia tetaplah Bruce," ujar Caron.

"Saat Anda bersamanya, Anda tahu bahwa dia adalah Bruce dan Anda bersyukur dia ada di sana, tetapi joie de vivre telah hilang," kata dia.

3. Dia tahu Willis akan senang dengan streaming "Moonlighting"

Kelima musim "Moonlighting" tersedia di platform streaming di Hulu pada 10 Oktober. Sementara banyak acara klasik lainnya pada era tersebut telah ditayangkan selama bertahun-tahun, "Moonlighting", yang ditayangkan dari tahun 1985 hingga 1989, telah lama tertunda karena masalah hak musik.

Caron mengatakan bahwa dia tahu Willis sangat senang dengan penayangan "Moonlighting" di platform streaming. Proses pemasukkan "Moonlighting" ke platform Hulu memakan waktu cukup lama dan penyakit Bruce adalah penyakit yang progresif. "Jadi saya bisa berkomunikasi dengannya, sebelum penyakit itu membuatnya menjadi tidak komunikatif seperti sekarang, tentang berharap untuk menampilkan pertunjukan itu kembali di hadapan orang-orang. Saya tahu itu sangat berarti baginya," kata Caron.

Istri Willis juga membagikan kabar terbaru tentangnya baru-baru ini. Pada 25 September, Heming Willis, muncul di acara "Today" sebagai bagian dari Pekan Kesadaran Demensia Frontotemporal Dunia dan berbagi informasi terkini tentang kesehatan Willis.

“Demensia itu sulit, baik bagi orang yang didiagnosis maupun keluarga. Itu tidak berbeda bagi Bruce, atau saya sendiri, atau anak perempuan kami," kata dia.

Bruce dan Heming memiliki dua anak perempuan, Mabel yang berusia 11 tahun dan Evelyn yang berusia sembilan tahun. Aktor ini juga memiliki tiga anak perempuan dewasa, Rumer, Scout, dan Tallulah Willis, dengan mantan istrinya Demi Moore.

Ketika ditanya apakah Willis mengetahui apa yang terjadi dengannya, Heming Willis menjawab, "Sulit untuk mengetahuinya".

 

 

 

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement