Ahad 14 May 2023 21:15 WIB

Sutradara Hebat Juga Bisa Lahirkan Film 'Buruk', Siapa Saja Mereka dan Film Apa Itu?

Sutradara papan atas Hollywood tetap punya kemungkinan membuat film buruk.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Jupiter Ascending karya sutradara Wachowski bersaudara. Film ini dinilai sebagai film terburuk karya Wachowski. Selain film ini, ada juga beberapa film buruk lainnya yang lahir dari sutradara hebat.
Foto: Warner Bros Pictures
Salah satu adegan di film Jupiter Ascending karya sutradara Wachowski bersaudara. Film ini dinilai sebagai film terburuk karya Wachowski. Selain film ini, ada juga beberapa film buruk lainnya yang lahir dari sutradara hebat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara hebat pun memiliki ketidaksempurnaan dalam hidup mereka. Hal ini bahkan terjadi di Hollywood yang sering dianggap sebagai pusat industri perfilman dunia. Sutradara kelas satu tetap memiliki kemungkinan untuk membuat flm buruk.

Dikutip dari laman Movieweb pada Sabtu (13/5/2023), berikut ini adalah daftar film terburuk yang disutradarai oleh sutradara hebat:

Baca Juga

1. Ghost of Mars

photo
Salah satu adegan di film Mars. - (Sony Pictures Releasing)

 

John Carpenter adalah salah satu sutradara paling terkenal di genre horor. Dia dikenang karena film klasiknya seperti Halloween, Escape from New York, dan The Thing. Dia adalah nama yang telah membangun karier yang sudah dikenal di industri film.

Salah satu film terburuknya adalah Ghost of Mars, yang pada dasarnya telah membunuh kariernya. Dalam plot film ini, planet merah itu dijajah oleh manusia setelah bumi kelebihan penduduk. Di sana, manusia menjelajahi alam Mars, tetapi setelah menemukan reruntuhan peradaban kuno, itu membangunkan makhluk di sana untuk mengusir manusia dari Mars.

Meskipun terlihat menjanjikan, Ghosts of Mars sangat tidak disukai oleh penonton dan kritikus. Film dinilai memiliki efek yang lemah, adegan yang membingungkan, akting yang buruk, dan eksekusi yang kurang spektakuler dibanding film Carpenter lainnya.

2. Jack

photo
Salah satu adegan di film Jack. - (Walt Disney Studios)

 

Sutradara papan atas Francis Ford Coppola pernah membuat film yang buruk. Nama yang membawanya melambung dalam trilogi The Godfather dan Apocalypse Now, tidak memberikan prestasi yang sama pada film Jack.

Meskipun menghadirkan karisma aktor sekelas Robin Williams, film Jack dilupakan begitu saja dalam filmografi Coppola karena terlalu sentimental dan manipulatif. Dalam plotnya, penonton akan mengikuti perjalanan Jack, seorang anak laki-laki yang lahir dengan sindrom langka yang membuatnya menua jauh lebih cepat dari biasanya.

3. Jupiter Ascending

photo
Salah satu adegan di film Jupiter Ascending. - (Warner Bros Pictures)

 

Wachowski bersaudara menjadi nama besar di Hollywood ketika The Matrix pertama kali tayang di bioskop. Film klasik fiksi ilmiah ini merupakan film yang dibintangi Keanu Reeves dan memberikan pengaruh pada satu generasi. Film ini juga memastikan bahwa Wachowski bersaudara mendapatkan gengsi yang sangat besar di industri ini.

Namun, kesuksesan tidak terulang di film Jupiter Ascending, yang dianggap oleh sebagian besar kritikus dan publik sebagai salah satu film terburuk dalam filmografi bersaudara itu. Dengan Channing Tatum, Mila Kunis, dan Eddie Redmayne sebagai pemerannya, plot ini mengikuti Jupiter Jones, keturunan dari garis yang akan menjadikannya ratu alam semesta.

Sampai suatu hari Jupiter dikunjungi oleh seorang mantan militer yang diubah secara genetik yang misinya adalah untuk melindungi Jupiter, berapa pun biayanya, sehingga dia mengambil tempat yang selayaknya ketika menghadapi ancaman. Film ini dikritik keras karena plotnya dianggap sangat mirip dengan hit pertama Wachowski bersaudara, The Matrix.

4. Dune

photo
Salah satu adegan di film Dune. - (Universal Pictures)

 

Film adaptasi Dune yang dibuat oleh sutradara David Lynch pada 1980-an adalah film yang sama sekali tidak memenangkan hati penonton. Dikenal karena film surealisnya, Lynch adalah nama di balik produksi film seperti Twin Peaks dan Mulholland Drive.

Upaya untuk memadatkan buku karya Frank Herbert ke dalam sebuah film, ternyata menjadi sesuatu yang besar dan kompleks dan berakhir dengan kegagalan. Film ini dianggap satu-satunya film terburuk Lynch.

5. She Hate Me

photo
Salah satu adegan di film She Hate Me. - (Sony Pictures)

 

Sutradara Spike Lee adalah salah satu nama yang paling dicintai dan mapan dalam sejarah perfilman. Dia dikenal dengan film-film seperti Do the Right Thing, Malcolm X, dan BlacKkKlansman. Namun, salah satu filmnya yaitu She Hate Me yang dirilis pada 2004 mendapat kritik dengan skor 19 persen di Rotten Tomatoes.

Dibintangi oleh Anthony Mackie, film ini bercerita tentang seorang eksekutif yang dipecat setelah mengecam praktik bisnis terlarang di perusahaan tempatnya bekerja. Ia menganggur, lalu melihat peluang untuk mendapatkan uang dengan mudah ketika mantan pacarnya mempekerjakannya untuk menjadi ayah dari bayi yang ingin dia miliki dengan pasangannya. Selain menghadirkan narasi yang membingungkan, She Hate Me membahas banyak topik sekaligus tanpa kelanjutan yang jelas.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement