Jumat 12 May 2023 17:47 WIB

Viral Perempuan Usia 45 Tahun Operasi Batu Ginjal, Kenali Gejalanya Sebelum Parah

Batu ginjal mulai terasa sakit ketika menyebabkan iritasi atau penyumbatan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Warna urine dapat menggambarkan kondisi kesehatan ginjal. (ilustrasi). Terkadang, batu-batu kecil keluar dari tubuh melalui urine tanpa menimbulkan rasa sakit yang berlebihan.
Foto:

Penyebab

Kemungkinan penyebabnya antara lain minum terlalu sedikit air, olahraga (terlalu banyak atau terlalu sedikit), obesitas, operasi penurunan berat badan, atau makan makanan dengan terlalu banyak garam atau gula. Infeksi dan riwayat keluarga mungkin faktor penting pada beberapa orang.

Makan terlalu banyak fruktosa berkorelasi dengan peningkatan risiko mengembangkan batu ginjal. Fruktosa dapat ditemukan dalam gula meja dan sirup jagung fruktosa tinggi.

Konsekuensi

Batu ginjal meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis. Jika pernah memiliki satu batu, Anda berisiko lebih tinggi untuk memiliki batu lainnya.

Mereka yang telah mengembangkan satu batu berisiko sekitar 50 persen kena masalah yang sama dalam waktu lima sampai tujuh tahun. Jadi, jika Anda khawatir ada batu ginjal, temui dokter sesegera mungkin.

Anda mungkin diminta untuk minum cairan ekstra dalam upaya mengeluarkan batu melalui urine. Jika Anda menyaring urine dan dapat menemukan potongan batu, bawalah ke dokter. Jika tidak, batu ginjal mungkin perlu diangkat dengan operasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement