Selasa 11 Jul 2023 00:16 WIB

Ini Penampakan Batu Ginjal Terbesar dan Terberat di Dunia, Diangkat dari Pria Sri Lanka

Dokter di Sri Lanka mengangkat batu ginjal yang ukurannya terbesar di dunia.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Dokter memperlihatkan batu ginjal ukuran besar yang berhasil diangkat dari seorang pria di Sri Lanka.
Foto: Dok Guinness World Records
Dokter memperlihatkan batu ginjal ukuran besar yang berhasil diangkat dari seorang pria di Sri Lanka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekelompok dokter di Sri Lanka berhasil mengangkat batu ginjal berukuran sangat besar dari seorang pasien. Saking besarnya, batu ginjal ini sampai memecahkan dua rekor Guinness World Record.

Batu ginjal ini diangkat dari seorang pasien berusia 62 tahun bernama Canistus Coonghe. Batu ginjal tersebut berhasil memecahkan dua rekor Guinness World Record sebagai batu ginjal terbesar dan terberat.

Baca Juga

Berdasarkan catatan dari Guinness World Record, batu ginjal yang diangkat dari pria pensiunan tentara tersebut memiliki panjang 13,37 cm dan lebar 10,55 cm. Ukuran batu ginjal ini lebih besar dibandingkan organ ginjal Coonghe yang memiliki panjang 11,8 cm.

Selain itu, batu ginjal Coonghe memiliki berat sekitar 800 gram atau setara dengan lima bola baseball. Batu ginjal Coonghe lebih berat dibandingkan batu ginjal milik Wazir Muhammad asal Pakistan yang memegang rekor sebelumnya, yaitu 620 gram.

 

Batu ginjal Coonghe bisa "bertumbuh" sebesar itu karena dia kerap mengabaikan gejala-gejala batu ginjal yang dia rasakan. Beberapa gejala tersebut adalah nyeri punggung bawah yang persisten dan kemunculan darah pada urine. Coonghe mengabaikan gejala tersebut karena gejala yang dia rasakan hanya bersifat sementara dan membaik dengan sendirinya.

Proses pengangkatan batu ginjal Coonghe dilakukan oleh tim urologi di Army Hospital, Colombo. Untuk mengangkat batu ginjal dari tubuh Coonghe, tim dokter harus melakukan prosedur bernama pyelolithotomy terbuka. Operasi ni dipimpin oleh dr Kugadas Sutharshan pada 1 Juni 2023.

Kabar baiknya, ukuran batu ginjal Coonghe yang sangat besar tidak sampai menyebabkan sumbatan. Organ ginjal Coonghe masih berfungsi dengan normal. Pascaoperasi, Coonghe juga menjalani pemulihan dengan baik dan tak lagi merasakan gejala-gejala batu ginjal.

"Komunitas medis tercengang oleh kasus terkini dari Sri Lanka ini," ungkap konsultan urologi dari CARE Hospitals Banjara Hills Hyderabad, dr Vamshi Krishna, seperti dilansir Indian Express pada Senin (10/7/2023).

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement