Jumat 12 May 2023 23:35 WIB

Cegah Batu Ginjal dengan Cara Ini

Jika ukurannya sudah besar, batu ginjal perlu dikeluarkan lewat pembedahan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Pria minum air putih. Cegah terbentuknya batu ginjal dengan cukup minum air.
Foto: Foto: Republika/Yogi Ardhi
Pria minum air putih. Cegah terbentuknya batu ginjal dengan cukup minum air.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Video batu ginjal seukuran rimpang jahe yang dikeluarkan dari seorang perempuan berusia 45 tahun menyita perhatian warganet. Jika ukurannya kecil, batu ginjal sebenarnya bisa diatasi dengan obat nyeri.

Lain halnya jika ukurannya sudah besar, Anda akan berakhir di meja operasi. Oleh karena itu, sebelum terjadi, ada baiknya lakukan pencegahan. Berikut caranya, dikutip dari laman Kidney, Jumat (12/5/3023).

Baca Juga

1. Cukupi kebutuhan cairan

Pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan minum air yang cukup. Itu akan membantu menjaga agar urine Anda tidak terlalu pekat dengan produk limbah.

Urine yang lebih gelap dan lebih pekat merupakan pertanda tubuh kurang cairan. Urine Anda akan tampak sangat kuning muda dan jernih jika Anda terhidrasi dengan baik.

Sebagian besar cairan yang Anda minum harus berupa air. Kebanyakan orang harus minum lebih dari 12 gelas air sehari.

Bicaralah dengan profesional perawatan kesehatan tentang jumlah cairan yang tepat yang terbaik untuk Anda. Air lebih baik daripada soda, minuman olahraga, atau kopi atau teh.

Jika Anda berolahraga atau panas di luar, Anda harus minum lebih banyak. Gula dan sirup jagung fruktosa tinggi harus dibatasi dalam jumlah kecil.

2. Konsumsi buah dan sayur

Makan lebih banyak buah dan sayuran yang membuat urine lebih sedikit asam. Ketika urine kurang asam, maka batu mungkin kurang bisa terbentuk.

Protein hewani menghasilkan urine yang memiliki lebih banyak asam, yang kemudian dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Anda bisa mengurangi kelebihan garam dalam diet Anda.

Makanan apa yang tinggi garam? Semua orang memikirkan keripik kentang asin dan kentang goreng. Batasi konsumsinya. Ada produk lain yang asin, yakni daging sandwich, sup kalengan, makanan kemasan, bahkan minuman olahraga.

3. Konsumsi protein yang cukup

Cobalah mendapatkan berat badan normal jika Anda kelebihan berat badan. Tapi, diet penurunan berat badan protein tinggi yang mencakup protein hewani dalam jumlah tinggi serta diet ketat dapat menambah risiko pembentukan batu ginjal.

Anda membutuhkan protein yang cukup, tetapi itu harus menjadi bagian dari diet seimbang. Carilah panduan dari ahli diet terdaftar saat memulai diet penurunan berat badan atau intervensi diet apa pun untuk mengurangi risiko batu ginjal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement