Jumat 12 May 2023 20:13 WIB

Tanda Peringatan Kanker Ginjal yang Sering Kali tidak Disadari

Tanda umum kanker ginjal bisa muncul saat sedang buang air kecil.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang pria memegang punggung bawahnya. Sakit punggung di satu sisi (di bawah tulang rusuk) yang tidak kunjung hilang dapat menjadi gejala kanker ginjal.
Foto: www.freepik.com.
Seorang pria memegang punggung bawahnya. Sakit punggung di satu sisi (di bawah tulang rusuk) yang tidak kunjung hilang dapat menjadi gejala kanker ginjal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker ginjal adalah bentuk kanker paling umum ketujuh di Inggris, terhitung sekitar 13 ribu kasus baru setiap tahun. Menurut Cancer Research UK, kanker ginjal memiliki tingkat kelangsungan hidup sekitar 52 persen, namun 34 persen kasus dapat dicegah.

Terlepas dari prevalensinya, kanker ginjal dapat dengan mudah berlalu tanpa disadari. Ini karena sekitar setengah dari kasus tidak menunjukkan gejala.

Baca Juga

National Health Service (NHS) di Inggris mengatakan banyak kasus tidak diketahui sampai pasien menjalani tes medis untuk masalah yang sama sekali tidak terkait. Cancer Research UK mencantumkan beberapa tanda peringatan yang harus diperhatikan untuk membantu mengarah pada diagnosis yang berpotensi menyelamatkan jiwa.

Ginjal adalah bagian dari sistem saluran kemih, yang menyaring produk limbah dari darah dan membuat urine. Ini juga termasuk kandung kemih, ureter, uretra, dan prostat (pada pria).

Oleh karena itu, tanda umum kanker ginjal bisa muncul saat sedang buang air kecil. Dilansir laman Express, Jumat (12/5/2023), berikut ini beberapa tanda kanker ginjal.

1. Darah dalam urine

Haematuria adalah nama medis ketika seseorang mengalami darah dalam urine, yang merupakan gejala paling umum dari kanker ginjal.

Adanya darah dalam urine mungkin disebabkan oleh infeksi, pembesaran prostat, atau batu ginjal.

"Segera temui dokter jika melihat ada darah dalam urine," kata Cancer Research UK.

Darah tidak harus selalu muncul, ini bisa datang dan pergi. Kadang-kadang, darah tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, tetapi ketahuan dengan tes urine sederhana.

"Karena pendarahan bisa datang dan pergi, seseorang atau dokter mungkin mengira masalahnya telah selesai. Ini bisa berarti bahwa kanker ginjal atau kandung kemih dini yang dapat diobati, dibiarkan tumbuh ke tahap yang mungkin lebih sulit diobati," kata Cancer Research UK.

2. Benjolan

Benjolan atau massa di area ginjal juga bisa mengindikasikan kanker. "Jika merasakan benjolan atau pembengkakan di area ginjal, langsung pergi ke dokter," ujar Cancer Research UK.

Kebanyakan kanker ginjal terlalu kecil untuk dirasakan. Tetapi dokter dapat mengatur pemindaian ultrasound untuk memeriksa kanker.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement