Rabu 03 May 2023 09:35 WIB

Pengguna Remaja Meningkat, Australia akan Larang Penggunaan Vape Rekreasional

Vape akan dijual terbatas melalui apotek di Australia.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Vape (ilustrasi). Pembelian vape bernikotin di Australia hanya bisa dilakukan dengan resep dokter.
Foto: www.freepik.com
Vape (ilustrasi). Pembelian vape bernikotin di Australia hanya bisa dilakukan dengan resep dokter.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Australia akan melarang penggunaan vape rekreasional seiring dengan semakin melonjaknya pengguna usia remaja. Nantinya, vape hanya akan dijual secara terbatas melalui apotek.

Vape rekreasional adalah vape yang digunakan untuk keperluan bersenang-senang. Vape ini biasanya hadir dalam bentuk sekali pakai dan memiliki beragam opsi rasa buah.

Baca Juga

Selain melarang peredaran vape rekreasional, Australia juga akan melarang impor vape tanpa resep dokter dan membatasi kadar nikotin yang terdapat dalam vape. Di samping itu, vape yang dijual melalui apotek hanya akan tersedia untuk membantu orang-orang yang ingin berhenti merokok.

"Seperti yang mereka lakukan pada rokok, perusahaan-perusahaan besar di industri tembakau telah menghadirkan produk adiktif lain, membungkusnya dalam kemasan berkilau, dan menambahkan beragam rasa untuk menciptakan generasi kecanduan nikotin yang baru," jelas Menteri Kesehatan Mark Butler dalam National Press Club, seperti dikutip dari NBC News, Rabu (3/5/2023).

Vaping atau merokok vape kerap dipandang sebagai alternatif merokok konvensional yang lebih aman. Vape juga dianggap dapat membantu orang-orang berhenti merokok.

Namun, beragam studi menunjukkan adanya potensi bahaya jangka panjang dari penggunaan vape atau rokok elektrik. Oleh karena itu, Australia nantinya hanya akan memasarkan vape melalui apotek dan mengubah kemasan vape menjadi kemasan tipe farmasi.

Saat ini, pembelian vape bernikotin di Australia hanya bisa dilakukan dengan resep dokter. Namun, longgarnya penegakan hukum dan suburnya pasar ilegal membuat penjualan vape bernikotin ilegal cukup meluas di negara tersebut.

Salah satu produsen vape besar, Philip Morris, justru menyambut baik keputusan Australia dalam membatasi peredaran vape. Sejak awal, jelas juru bicara Philip Morris, penjualan produk vape bernikotin di toko-toko merupakan hal yang ilegal.

"Kami telah mendorong penegak hukum untuk melawan produk-produk ilegal ini selama beberapa tahun dan berharap itu akan terjadi sekarang," ujar juru bicara Philip Morris.

Para dokter di Australia juga mendukung keputusan pembatasan peredaran vape. Mereka bahkan meminta pemerintah untuk melakukan lebih banyak upaya demi menekan jumlah pengguna vape dari generasi muda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement