Ahad 30 Apr 2023 13:15 WIB

Taktik Pencopetan-Penipuan Paling Umum, Sering Dialami Turis

Hati-hati dengan pencopet dan penipu di lokasi wisata.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Dompet kosong (ilustrasi). Hati-hati dengan dompet Anda ketika ada seseorang yang menabrak Anda di lokasi wisata atau keramaian. Bisa jadi itu dilakukan dengan sengaja agar komplotannya bisa mencopet dompet atau ponsel Anda.
Foto:

3. Penipuan ATM

Menurut Cole, penipu sering menargetkan turis dengan skimming kartu kredit. Selalu berhati-hati ketika seseorang mendekati Anda melalui mesin ATM.

Berpura-pura membantu Anda menghindari biaya bank lokal, kenyataannya mereka ingin menggunakan perangkat skimmer kartu untuk mendapatkan detail kartu Anda. Mereka sering memiliki kaki tangan yang menunggu di antrean ATM yang akan mendorong Anda untuk melakukan hal-hal yang dikatakan scammer.

Sebaiknya, hindari penggunaan ATM di tempat yang sepi dan berhati-hati terhadap siapa pun yang berdiri terlalu dekat dengan Anda. Kini, banyak tujuan wisata menawarkan pilihan untuk membayar dengan kartu. Wisatawan dapat menggunakan currency card untuk menghindari biaya valuta asing.

4. Kembalian yang tidak pas

Sedang berada di negara di mana Anda tidak terbiasa dengan mata uangnya? Hati-hati saat bertransaksi.

Ketika membeli suvenir, misalnya, hitung kembaliannya. Penjual bisa saja mencoba mengelabui turis dengan menyerahkan uang kembalian yang lebih sedikit dari yang semestinya.

Sebelum melakukan transaksi apa pun, pastikan untuk menghitung jumlah uang yang harus Anda terima sebagai kembalian. Tak usah buru-buru beranjak dari toko, luangkan waktu untuk menghitung kembaliannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement