Ahad 30 Apr 2023 13:15 WIB

Taktik Pencopetan-Penipuan Paling Umum, Sering Dialami Turis

Hati-hati dengan pencopet dan penipu di lokasi wisata.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Dompet kosong (ilustrasi). Hati-hati dengan dompet Anda ketika ada seseorang yang menabrak Anda di lokasi wisata atau keramaian. Bisa jadi itu dilakukan dengan sengaja agar komplotannya bisa mencopet dompet atau ponsel Anda.
Foto:

Wisatawan dapat menghindari penipuan ini dengan sebisa mungkin membayar menggunakan kartu atau mempelajari mata uang terlebih dahulu. Wisatawan juga dapat meminta saran dari penyedia akomodasi jika khawatir tentang kembalian.

"Sebagian orang meyakini bahwa hanya turis yang naif yang berpotensi dimanfaatkan saat bepergian, tetapi karena penipu semakin licik, bahkan pelancong yang paling berpengalaman pun dapat menjadi korban dari skema mereka," ujar Cole.

Selain melakukan riset sebelum perjalanan, Anda harus selalu memastikan untuk menjaga barang berharga berada dalam pengawasan. Berhati-hatilah dengan penduduk setempat yang terlalu ramah yang mencoba mendapatkan kepercayaan untuk memikat Anda ke dalam penipuan.

Jika ada sesuatu yang tampak mencurigakan atau terlalu muluk, maka percayalah pada insting Anda. Lebih baik cari aman daripada menyesal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement