Kamis 27 Apr 2023 04:00 WIB

3 Makanan untuk Turunkan Kolesterol dan Lindungi Jantung

Untuk kesehatan jantung, hindari makanan tinggi lemak jenuh.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kesehatan jantung (ilustrasi). Makanan kaya serat seperti oat sangat baik untuk kesehatan jantung.
Foto: www.freepik.com
Kesehatan jantung (ilustrasi). Makanan kaya serat seperti oat sangat baik untuk kesehatan jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jantung merupakan organ vital yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Itulah alasannya penting bagi manusia untuk menjaga kesehatan jantung, yang salah satunya bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat.

Ahli jantung yang berpraktik di Minnesota AS, dr Elizabeth Klodas, mengungkap bahwa makanan kaya serat seperti oat sangat baik untuk kesehatan jantung. Dia mengatakan kepada pasiennya bahwa menurunkan kolesterol jahat bisa membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

Baca Juga

"Banyak makanan mengandung serat larut yang mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan mengeluarkannya dari tubuh sebelum masuk ke dalam sirkulasi. Dengan pemikiran ini saya sangat menyarankan konsumsi oat," kata Klodas, seperti dilansir Express, Selasa (26/4/2023).

Klodas secara pribadi juga selalu menyediakan oat di rumahnya, dan biasanya mengonsumsi setengah cangkir per hari. Tidak hanya tinggi serat, oat juga mengandung banyak antioksidan, termasuk yang membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Meskipun oat dapat menjadi bagian dari menu sarapan yang sehat, ada makanan kaya serat lain yang dapat dimasukkan ke dalam menu makan siang dan makan malam. Makanan tersebut adalah buncis yang bisa ditumis dan dicampurkan ke dalam berbagai menu favorit Anda.

"Buncis kaya akan kalium dan magnesium, keduanya penting untuk mengontrol tekanan darah. Satu cangkirnya mengandung hampir 15 gram protein, 12 gram serat, dan seperempat kebutuhan zat besi harian," kata dr Klodas.

Sedangkan untuk camilan, dr Klodas menyarankan untuk mengonsumsi segenggam kacang almond. Ini dapat memberikan serat, protein, dan vitamin E.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement