Selasa 25 Apr 2023 06:34 WIB

5 Makanan Sarapan Terbaik untuk Turunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko darurat medis yang parah.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Oatmeal (ilustrasi). Oatmeal termasuk makanan sarapan yang bagus karena tinggi serat larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.
Foto: Wikimedia
Oatmeal (ilustrasi). Oatmeal termasuk makanan sarapan yang bagus karena tinggi serat larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolesterol tinggi bisa berbahaya karena meningkatkan risiko darurat medis yang parah, seperti strok dan serangan jantung. Kondisi ini menunjukkan Anda memiliki terlalu banyak zat berlemak yang disebut kolesterol dalam darah.

Seiring waktu, kolesterol dapat menumpuk menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah. Penyebab utama kolesterol tinggi adalah pola makan.

Baca Juga

Lebih khusus lagi, makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans harus dihindari karena menyebabkan kadar lipoprotein densitas rendah, juga dikenal sebagai kolesterol "jahat", meningkat. Jenis lemak ini bisa ditemukan di banyak makanan yang biasa kita konsumsi, seperti mentega, biskuit, keju, dan daging olahan.

Beberapa jenis makanan sarapan juga harus dihindari karena alasan ini, contohnya sosis, kue kering, dan yoghurt penuh lemak. Kepala gizi untuk tim wanita Tottenham Hotspur, Richard Allison, merekomendasikan lima makanan sarapan yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap rendah.

"Makanan yang kaya serat larut dan tinggi lemak tak jenuh ganda juga dapat membantu mengurangi kadar LDL Anda," kata Allison, dilansir Express, Rabu (5/4/2023).

Oatmeal

Allison mengatakan oatmeal adalah pilihan yang bagus karena tinggi serat larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Dia menyarankan untuk menambahkan beberapa buah segar, kacang-kacangan, atau kayu manis untuk rasa.

Telur

Telur bisa menjadi bagian dari sarapan sehat bagi penderita kolesterol tinggi. Pastikan untuk membatasi asupan menjadi satu atau dua kali sehari, dan pertimbangkan untuk menggunakan putih telur daripada telur utuh.

Greek Yoghurt

Allison mengatakan Greek yoghurt tinggi protein dan lebih rendah lemak daripada yoghurt biasa. Pilih varian tanpa rasa atau rendah lemak, dan tambahkan buah segar dan madu untuk rasa manis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement