Selasa 25 Apr 2023 17:00 WIB

Lima Pasien Covid-19 Akibat Varian Arcturus di Inggris Meninggal

Apakah arcturus membuat Covid-19 mengganas?

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Varian arcturus. Lima pasien Covid-19 akibat varian arcturus di Inggris meninggal dunia. Semuanya telah memiliki gangguan kesehatan sebelum kena Covid-19.
Foto:

Dokter anak dan mantan kepala Komite Imunisasi Akademi Pediatri India dr Vipin Vashistha mengatakan penyebaran arcturus di negaranya membawa gejala baru yang belum pernah ada pada gelombang sebelumnya. Gejala baru tampak memengaruhi mata dan lonjakan kasusnya tiba-tiba melanda anak-anak.

photo
Varian arcturus - (Dok Republika)

 

Vashistha telah merawat semakin banyak bayi dengan gejala demam, batuk dan pilek, dan konjungtivitis yang menyebabkan mata gatal dan panas. Namun, belum ada bukti kuat yang mengonfirmasi arcturus sebagai penyebab rangkaian gejala baru ini pada anak-anak.

Sementara itu, penelitian awal menunjukkan masyarakat tidak perlu khawatir tentang arcturus, terutama di negara yang cakupan vaksinasi Covid-19 baik, seperti di Inggris. Meskipun arcturus dapat menyebabkan infeksi pada orang yang telah divaksinasi, itu tidak varian tersebut mampu menyebabkan penyakit parah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement