Ahad 23 Apr 2023 14:00 WIB

Viral di TikTok, Benadryl Challenge Kembali Makan Korban

Remaja 13 tahun meninggal akibat tantangan TikTok Benadryl Challenge.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Reiny Dwinanda
Logo aplikasi TikTok ditampilkan di ponsel di Randers, Denmark, 28 Februari 2023. Tantangan TikTok Benadryl Challenge menewaskan seorang remaja 13 tahun asal Ohio, AS.
Foto:

Korban Benadryl Challenge Terus Berjatuhan

Jacob Stevens bukanlah korban pertama Benadryl Challenge. Pada Agustus 2020, seorang gadis berusia 15 tahun mengalami overdosis  obat alergi setelah mengikuti tantangan aksi tersebut.

Menyusul serentetan kematian, penasihat publik pabrikan Johnson & Johnson mengeluarkan peringatan. "Tren Benadryl TikTok sangat memprihatinkan, berbahaya, dan harus segera dihentikan," ujarnya.

Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) Amerika Serikat (AS) juga mengeluarkan pengumuman layanan publik. Agensi tersebut menulis mengonsumsi obat alergi diphenhydramine (Benadryl) yang dijual bebas (OTC) dengan dosis yang lebih tinggi dari yang direkomendasikan dapat menyebabkan masalah jantung yang serius, kejang, koma, atau bahkan kematian.

"Kami mengetahui laporan berita tentang remaja yang berakhir di ruang gawat darurat atau meninggal setelah berpartisipasi dalam Benadryl Challenge yang dipromosikan dalam video yang diunggah di aplikasi media sosial TikTok," kata FDA.

FDA mengingatkan, profesional perawatan kesehatan harus menyadari bahwa Benadryl Challenge terjadi di kalangan remaja. Orang tua maupun pengasuh harus mengetahui hal itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement