Kamis 27 Jul 2023 18:40 WIB

Jajal '75 Hard', TikToker Kanada Sampai Dirawat di Rumah Sakit, Seperti Apa Tantangannya?

Tantangan TikTok 75 Hard dapat bahayakan kesehatan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Minum air putih. Minum air putih berlebihan dapat membuat kadar natrium menjadi rendah. Tantangan 75 Hard TIkTok mengajak minum air 3,7 liter per hari, diet ketat, dan olahraga dua kali sehari.
Foto: Sciencealert
Minum air putih. Minum air putih berlebihan dapat membuat kadar natrium menjadi rendah. Tantangan 75 Hard TIkTok mengajak minum air 3,7 liter per hari, diet ketat, dan olahraga dua kali sehari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang TikToker bernama Michelle Fairburn dirawat di rumah sakit akibat menjajal tantangan kebugaran yang disebut "75 Hard". Misi itu menantang orang-orang melakukan diet ketat selama 75 hari, berolahraga dua kali sehari, dan minum air satu galon (3,7 liter) setiap hari.

Lewat unggahan TikTok pada Senin (24/7/2023), Fairburn yang merupakan seorang ibu asal Toronto, Kanada, berspekulasi bahwa dia mungkin "keracunan air" karena minum terlalu banyak. Konsumsi air yang berlebihan membuatnya merasa tidak enak badan.

Baca Juga

Berdasarkan keterangan dari Scientific American, keracunan air adalah kondisi nyata yang dapat terjadi karena minum air dalam jumlah berlebihan. Dalam kasus yang paling ekstrem, kondisi itu bisa berakibat fatal dan berujung pada kematian.

Unggahan Fairburn mengenai tubuhnya yang tidak enak badan terjadi pada hari ke-12 tantangan. Dia merasa tidak bisa tidur malam sebelumnya, terbangun beberapa kali hari untuk pergi ke kamar mandi, tidak bisa makan, mual, dan merasa lemah.

"Saya melakukan '75 Hard', jadi saya minum air dalam jumlah yang berlebihan. Saya tidak tahu harus berbuat apa. Saya tidak ingin kembali ke hari pertama. Saya tidak bisa minum satu galon air lagi hari ini," ujarnya, dikutip dari laman Insider, Kamis (27/7/2023).

Fairburn bertanya kepada para pengikutnya di TikTok yang telah mencoba tantangan apakah dia harus melewati aspek air. Dia mengatakan bahwa penggagas tantangan, CEO perusahaan suplemen Andy Frisella, menasihati orang-orang untuk "mendengarkan" tubuh saat mencoba tantangan "75 Hard".  

Namun, Fairburn bersikeras tidak ingin gagal dan enggan menghentikan tantangan yang sudah dimulai. Belakangan, pada hari yang sama, Fairburn mengunggah pembaruan dan mengatakan bahwa dia baru saja memeriksakan diri ke dokter.

Fairburn diminta segera pergi ke rumah sakit setelah diberi tahu bahwa dia mengalami kekurangan natrium yang parah. "Jadi sekarang saya pergi ke rumah sakit dan mereka akan memeriksa semuanya dan kemudian tampaknya mereka dapat meningkatkan natrium saya secara bertahap," ujarnya.

Fairburn menyebut dirinya akan terus berolahraga, tetapi diberi tahu bahwa dia harus minum kurang dari setengah liter air per hari, yaitu sekitar seperdelapan galon saja. Memperbarui kabarnya lagi pada Selasa (25/7/2023), dia mengatakan sudah merasa jauh lebih baik.  

Fairburn  juga menjelaskan lebih lanjut beberapa gejala yang sebelumnya dia alami, termasuk kekurangan energi yang intens, gejala mirip flu, sakit perut, sakit di punggung bagian bawah, dan diare.

"Saya terus berpikir saya akan muntah, tapi saya tidak benar-benar muntah. Kulit saya sangat sensitif terhadap sentuhan, sakit kepala, demam, dan merasa sangat tidak enak badan," ungkap Fairburn.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement