Kamis 20 Apr 2023 05:00 WIB

Rebung Kaya Nutrisi, Bermanfaat untuk Kesehatan Pencernaan Hingga Jantung

Rebung dilabeli sebagai sayuran pelindung jantung.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Pedagang menjajakan sayur rebung atau tunas bambu muda di kedainya di jalur Tayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Ahad (15/5/2022). Mengonsumsi olahan makanan dari rebung bisa meningkatkan kesehatan usus, melindungi jantung, membuat kulit lebih cerah dan membuat tulang lebih kuat.
Foto:

3. Membantu dalam sintesis kolagen

Rebung kaya akan kandungan silika. Batra menjelaskan, silika merupakan elemen ketiga yang paling banyak terdapat dalam tubuh manusia setelah seng dan zat besi. Silika meningkatkan kadar hidroksiprolin dalam jaringan, asam amino utama yang dibutuhkan untuk sintesis kolagen dan elastin.

4. Penting untuk kesehatan tulang

Rebung kaya akan kalsium yang meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Selain itu, rebung juga mengandung banyak vitamin C, yang membantu penyerapan mineral penting lainnya untuk kesehatan tulang.

5. Membantu menurunkan berat badan

Rebung rendah kalori, namun tinggi serat. Kandungan tersebut menjadikannya tambahan yang bagus untuk diet penurunan berat badan yang sehat. Serat dapat membantu memperlambat pengosongan perut untuk membantu Anda merasa kenyang lebih lama di antara waktu makan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement