Selasa 18 Apr 2023 08:58 WIB

Daging Ayam Mentah tak Boleh Dimakan Langsung, Ini Bahayanya Bagi Tubuh

Daging ayam bukan sushi atau sashimi yang bisa dimakan dalam keadaan mentah.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Daging ayam (ilustrasi). Daging ayam tidak boleh dimakan dalam keadaan mentah karena bahaya bagi tubuh.
Foto: Pickpik
Daging ayam (ilustrasi). Daging ayam tidak boleh dimakan dalam keadaan mentah karena bahaya bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ayam tidak seperti sushi atau sashimi. Anda tidak boleh memakannya dalam kondisi mentah. Ayam yang mentah atau kurang matang bisa menyebabkan sakit parah.

Dilansir laman Huffington Post pada Senin (17/4/2023), mengonsumsi ayam mentah membuat Anda berisiko tinggi keracunan makanan. Hal ini terjadi karena ayam mentah terkontaminasi berbagai jenis bakteri. Sebagian besar akan memicu diare, muntah, demam, dan kram perut.

Baca Juga

Situs web National Health Services (NHS) juga mencantumkan suhu tinggi 38 derajat Celcius atau lebih dan merasa tidak enak badan (kelelahan, sakit, dan menggigil) sebagai tanda Anda keracunan makanan. Menurut Women's Health, jika ayam tersebut memiliki bakteri campylobacter, Anda mungkin memiliki waktu antara dua hingga lima hari sebelum gejala mulai muncul dengan sendirinya. Infeksi kemudian dapat bertahan selama sepekan.

Salmonella juga merupakan risiko. Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat (AS) mengatakan, sekitar satu dari setiap 25 bungkus ayam di toko bahan makanan dapat mengandung bakteri tersebut. Biasanya terjadi sekitar enam jam setelah makan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), jika ayam Anda mungkin juga memiliki bakteri yang disebut clostridium perfringens, infeksi mungkin muncul antara enam dan 24 jam setelah menelan daging, tetapi biasanya berlangsung kurang dari sehari penuh. Itu belum semuanya. Makanan Anda yang kurang matang juga bisa memungkinkan Anda terkena bakteri E Coli. Gejala biasanya berlangsung antara lima hingga 10 hari.

Bagaimana cara mengatasi keracunan ayam mentah?

Sayangnya, tidak ada yang bisa membantu Anda setelah Anda memakan daging mentahnya. Minum air atau berkumur tidak akan membatalkannya, dan juga tidak akan memaksa diri Anda untuk sakit.

Jadi, hal terbaik yang harus dilakukan adalah melakukan diet hambar dan tetap terhidrasi dengan air dan minuman elektrolit sampai gejalanya mereda, yang dalam banyak kasus memang demikian. Biasanya hilang dalam waktu sepekan, tetapi terkadang infeksi dapat memburuk menjadi diare darah dan demam tinggi. Jika ini masalahnya, atau Anda sedang hamil atau mengalami gangguan kekebalan, bicarakan dengan dokter.

Jika mengalami tanda-tanda dehidrasi berarti harus konsultasi ke dengan dokter juga. Untuk menghindari keracunan makanan, yang terbaik adalah memastikan ayam yang dimasak berwarna putih.

Tanda kurang matang akan terlihat jelas karena akan berwarna pink atau berdarah. Meskipun jus yang keluar dari ayam berwarna merah muda, kemungkinan masih mentah.Anda juga dapat menggunakan termometer untuk memeriksa ayam adalah suhu sempurna 75 derajat Celsius di bagian tengah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement