Senin 17 Apr 2023 20:49 WIB

Ngidam Cokelat, Tanda Tubuh Kekurangan Mineral Apa?

Mengidam cokelat bisa jadi tanda tubuh kekurangan mineral tertentu.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Cokelat hitam (Ilustrasi). Meski mengandung banyak magnesium, cokelat hanya boleh dikonsumsi secukupnya karena sangat tinggi kalori.
Foto: Flickr
Cokelat hitam (Ilustrasi). Meski mengandung banyak magnesium, cokelat hanya boleh dikonsumsi secukupnya karena sangat tinggi kalori.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tubuh membutuhkan vitamin dan mineral tertentu untuk berfungsi dengan kemampuan terbaiknya. Sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan tubuh bisa didapatkan melalui pola makan.

Hanya saja, dalam beberapa kasus, tubuh bisa menjadi kekurangan vitamin dan mineral sehingga berpotensi mengalami beragam risiko kesehatan. Magnesium adalah salah satu mineral yang dibutuhkan untuk fungsi, seperti membangun tulang yang kuat, mengatur gula darah, dan fungsi otot dan saraf.

Baca Juga

Magnesium ditemukan dalam makanan nabati seperti legum, sayuran berdaun hijau gelap, kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, dan sereal. Magnesium juga ada pada ikan, unggas, dan daging sapi. Ahli nutrisi di The 1:1 Diet by Cambridge Weight Plan, Mark Gilbert, mengungkapkan tentang tanda tak terduga bahwa Anda mungkin kekurangan magnesium.

"Mengidam cokelat mungkin berarti tubuh meminta tambahan magnesium,” kata dia, dilansir Express, Senin (17/4/2023).

 

Cokelat, terutama varietas dark, merupakan salah satu makanan yang mengandung magnesium karena kandungan kakaonya yang tinggi. Semakin gelap cokelatnya, semakin banyak mineral berharga yang dikandungnya.

Gilbert mengatakan bahwa makan cokelat dalam jumlah tertentu dapat membantu menambah kadar magnesium. Sebatang besar cokelat hitam dapat memenuhi lebih dari 70 persen kebutuhan magnesium harian.

Namun demikian, suguhan manis itu hanya boleh dikonsumsi secukupnya karena sangat tinggi kalori. Namun, ada alternatif yang lebih sehat seperti biji labu, almond, pisang, buah ara, atau bayam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan magnesium harian.

"Mengidam makanan tertentu bisa menjadi indikasi kekurangan nutrisi mikro atau makro," tulis situs web Better You.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement