Senin 17 Apr 2023 20:49 WIB

Ngidam Cokelat, Tanda Tubuh Kekurangan Mineral Apa?

Mengidam cokelat bisa jadi tanda tubuh kekurangan mineral tertentu.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Cokelat hitam (Ilustrasi). Meski mengandung banyak magnesium, cokelat hanya boleh dikonsumsi secukupnya karena sangat tinggi kalori.
Foto:

Secara khusus, tulisan itu menjelaskan bahwa keinginan akan cokelat bisa menunjukkan kekurangan magnesium. Magnesium adalah mineral penting dan diperlukan untuk lebih dari 300 reaksi enzim dalam tubuh.

Cobalah makan cokelat hitam berkualitas baik (lebih baik organik dan kakao di atas 70 persen) yang merupakan sumber magnesium yang kaya. Alternatifnya, coba suplemen magnesium untuk melihat kemungkinan mengidamnya mereda.

Menurut Cleveland Clinic, beberapa tanda awal kekurangan magnesium adalah kelelahan, kehilangan selera makan, kejang otot, mual, kekakuan, dan kelemahan. Namun, jika menjadi lebih parah, itu dapat menyebabkan, irama jantung yang tidak normal, mati rasa dan kesemutan, perubahan kepribadian, dan kejang.

Ada faktor-faktor tertentu yang dapat meningkatkan risiko kekurangan magnesium, termasuk, penyakit gastrointestinal (seperti penyakit Crohn atau penyakit celiac), diabetes tipe 2, dan gangguan penggunaan alkohol. Jika berusia di atas 60 tahun, Anda juga cenderung kekurangan magnesium seiring bertambahnya usia karena semakin sulit bagi tubuh untuk menyerap mineral.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement