Senin 17 Apr 2023 00:30 WIB

4 Makanan untuk Bantu Turunkan Kolesterol dan Tingkatkan Kesehatan Jantung

Kadar kolesterol hanya bisa diketahui dengan tes darah.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Roti yang terbuat dari whole grain (Ilustrasi). Kolesterol tinggi dapat diturunkan dengan perubahan pola makan dan gaya hidup yang sederhana.
Foto:

3. Alternatif gandum, makanan utuh, dan cokelat

Tukar roti putih, pasta, dan nasi dengan gandum utuh, makanan utuh, dan alternatif cokelat. Makanan ini akan membuat Anda merasa kenyang tanpa menambahkan banyak kalori ekstra, dan memiliki banyak serat. Biji-bijian tertentu, seperti oat dan jelai mengandung serat larut yang dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

photo
Kolesterol. - (Republika)

4. Protein yang lebih sehat

Kacang-kacangan seperti polong, buncis, dan lentil adalah pengganti daging yang baik karena tinggi protein dan serat (dan juga sangat baik untuk semur dan sup). Kacang kedelai dan beberapa makanan yang dibuat darinya, rendah lemak jenuh dan tinggi protein.

Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah Anda memiliki kolesterol tinggi adalah dengan melakukan tes. Umumnya, kadar kolesterol total yang sehat dalam darah adalah lima atau kurang milimol per liter (mmol/l).

Lebih khusus lagi, tingkat lipoprotein densitas tinggi yang sehat adalah satu atau lebih mmol/l, dan Anda harus memiliki lipoprotein densitas rendah empat atau kurang mmol/l. Jika Anda berpikir memiliki kolesterol tinggi, maka segera temui dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement