Jumat 14 Apr 2023 17:26 WIB

Sulit Lepas dari HP? Ini Cara Memperbaikinya

Penggunaan ponsel pintar secara berlebihan dapat memberikan dampak buruk.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Susah lepas dari HP ilustrasi). Bagi Anda yang kerap menggunakan HP berlebihan dan ingin membatasinya, lima hal ini dapat dilakukan untuk menciptakan kebiasaan penggunaan ponsel sehat.
Foto: www.freepik.com
Susah lepas dari HP ilustrasi). Bagi Anda yang kerap menggunakan HP berlebihan dan ingin membatasinya, lima hal ini dapat dilakukan untuk menciptakan kebiasaan penggunaan ponsel sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini, ponsel atau HP pintar telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan banyak orang. Meski bisa mempermudah pekerjaan hingga memberikan hiburan, penggunaan ponsel pintar secara berlebih juga dapat memberikan beberapa dampak buruk.

Menurut ahli psikoterapi dan pakar kesehatan otak, Teralyn Sell, beberapa studi mengindikasikan bahwa penggunaan ponsel bisa mengubah aktivitas otak, menurunkan kecepatan waktu reaksi, serta memberikan efek negatif terhadap kualitas dan pola tidur. "Penggunaan ponsel yang problematik juga berhubungan dengan depresi dan kecemasan, juga meningkatkan risiko penyalahgunaan zat seperti tembakau dan alkohol," jelas Sell, seperti dilansir laman Today, Jumat (14/4/2023).

Baca Juga

Personal trainer sekaligus instruktur yoga dan pilates, Stephanie Mansour, pernah terjerumus dalam penggunaan ponsel yang tidak sehat. Namun alih-alih memusuhi ponsel, Mansour memilih untuk melakukan perubahan agar bisa memiliki hubungan yang sehat dengan ponsel.

Berikut ini adalah lima hal yang dia lakukan untuk menciptakan kebiasaan penggunaan ponsel yang sehat:

1. Membuat batasan waktu

Ponsel pintar umumnya memiliki fitur yang bisa membatasi durasi penggunaan ponsel. Untuk mengakses fitur ini, pilih menu pengaturan lalu pilih opsi screen time. Setelah itu, akan muncul rangkuman durasi penggunaan ponsel harian serta fitur untuk memasang batasan waktu.

Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan adalah mode tidur atau sleep mode. Fitur ini akan membuat ponsel menjadi lebih sunyi karena notifikasi pesan atau trlepon tidak muncul. Pengguna ponsel juga bisa mengatur waktu "downtime" pada ponsel pintar. Nantinya, tampilan ponsel akan menjadi lebih gelap pada waktu yang diinginkan.

Ada pula fitur "app limits" yang bisa digunakan. Fitur ini bisa membantu membatasi waktu penggunaan aplikasi yang diinginkan. Menurut Sell, membatasi screen time bisa membantu memperbaiki kesehatan mental.

2. Ubah bunyi alarm

Hal lain yang dilakukan oleh Mansour adalah mengubah bunyi alarmnya di pagi hari. Alih-alih menggunakan bunyi alarm biasa, Mansour menggunakan rekaman berisi kata-kata afirmasi sebagai bunyi alarm seperti "hari ini akan menjadi hari yang baik". Mansour mengatakan, mendengar kata-kata afirmasi yang positif di pagi hari dapat membuatnya bersemangat untuk bangun pagi.

Mansour juga biasanya menaruh ponselnya di ruangan lain di malam hari. Dengan begitu, ketika alarm berbunyi di pagi hari, dia harus beranjak dari kasur dan keluar kamar tidur agar bisa mematikan alarm di ponselnya.

3. Unggah kata penyemangat di medsos

Mansour kerap memulai hari dengan mengunggah kata-kata penyemangat melalui media sosialnya. Kebiasaan ini dapat membantunya mengurangi kecenderungan untuk scrolling media sosial secara berlebih di pagi hari.

4. Memulai hari dengan yoga

Mansour juga kerap memanfaatkan ponselnya untuk melakukan sesuatu yang produktif. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi meditasi untuk membantunya menenangkan diri. Selanjutnya, dia akan melakukan latihan yoga selama 15 menit sebelum kemudian memulai aktivitas. Di awal pagi, Mansour juga kerap memasang ponselnya dalam mode sunyi sehingga dia tak akan terdistraksi oleh beragam notifikasi pesan atau telepon.

5. Hiburan singkat di Tiktok

Tak ada salahnya mencari sedikit hiburan melalui ponsel. Bagi Mansour, hiburan yang dia sukai adalah menonton konten video di media sosial Tiktok. Namun, Mansour juga memberikan batasan kepada dirinya sendiri agar tak terlalu lama bermain media sosial. Mansour biasanya hanya mencari hiburan di Tiktok selama lima menit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement