Kamis 06 Apr 2023 23:21 WIB

'Komang’ Pecahkan Rekor Tulus dan Joji di Spotify, Raim Laode tak Menyangka Lagunya Viral

Raim Laode merilis lagu Komang pada Agustus 2022.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Pencipta lagu Komang, Raim Laode, dalam wawancara eksklusif bersama awak media di GIOI Menteng, Jakarta, Jumat (3/3/2023). Lagu Komang yang dibawakan Raim Laode merajai Spotify.
Foto: Republika/Rahma Sulistya
Pencipta lagu Komang, Raim Laode, dalam wawancara eksklusif bersama awak media di GIOI Menteng, Jakarta, Jumat (3/3/2023). Lagu Komang yang dibawakan Raim Laode merajai Spotify.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Penyanyi muda asal Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Raim Laode, berhasil memecahkan rekor pada 2023 dengan lagu "Komang" di Spotify. "Komang" menjadi lagu yang paling banyak didengarkan selama 24 jam di Spotify Indonesia pada 3 April 2023.

Single terbaru penyanyi berusia 28 tahun itu berhasil melampaui capaian lagu "Hati-Hati di Jalan" dari Tulus. Bahkan, "Glimpse of Us" dari Joji juga tersalip.

Baca Juga

"Saya bahagia sekali melihat lagu ini diterima dengan baik oleh para pendengar. Ketika lagu ini dirilis pada bulan Agustus 2022, saya tidak pernah menyangka lagu ini akan menjadi viral," kata Raim Laode dalam keterangan tertulisnya, Kamis (6/4/2023).

Menurut Raim, pencapaian ini membuktikan bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin. Hal itu yang memperkuat keyakinannya bahwa mimpi dapat terwujud pada waktu yang tidak terduga.

"Komang" masuk ke tangga lagu Top 50 Indonesia di Spotify pada 16 Februari 2022, dengan menempati posisi ke-22. Kemudian, lagu itu berhasil mencapai posisi No. 2 pada minggu berikutnya. Tidak lama berselang, lagu ini berhasil menduduki posisi teratas di Top 50 Indonesia selama empat minggu berturut-turut.

Lagu ini bahkan berhasil memecahkan rekor sepanjang masa untuk jumlah streaming terbanyak dalam satu hari dari semua lagu di Spotify Indonesia, menyalip lagu “Hati-Hati di Jalan” dari Tulus dan "Sial" dari Mahalini dengan lebih dari dua juta streaming.

"Senang sekali rasanya melihat artis Indonesia terus merajai tangga lagu lokal dan mendobrak lebih banyak batasan daripada sebelumnya," ujar Head of Music Spotify Asia, Kossy Ng.

"Komang" tidak butuh waktu lama untuk menjadi viral karena lagu ini terus digunakan sebagai musik latar untuk berbagai konten video di media sosial. Lagu tersebut juga berhasil memperoleh banyak dukungan dan pengakuan di tingkat global, menempati posisi teratas pada tangga lagu Spotify berikut ini:

#1 di Spotify Viral 50 Global

#1 di Spotify Viral 50 Indonesia

#4 di Spotify Viral 50 Singapore

#16 di Spotify Viral 50 Taiwan

#32 di Spotify Viral 50 Philippines

#1 di  Spotify Top 50 Indonesia

#17 di Spotify Top 50 Malaysia

#44 di Spotify Top 50 Global

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement