Senin 20 Mar 2023 20:38 WIB

Peminat Konten Religi di Spotify Meningkat Selama Ramadhan

Ada peningkatan streaming konten Ramadhan sebesar 41 persen pada 2022 dibanding 2021.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Layanan streaming Spotify. Menurut data internal Spotify, terdapat peningkatan streaming konten khusus Ramadhan sebesar 41 persen pada 2022 dibandingkan tahun 2021. (ilustrasi)
Foto: EPA
Layanan streaming Spotify. Menurut data internal Spotify, terdapat peningkatan streaming konten khusus Ramadhan sebesar 41 persen pada 2022 dibandingkan tahun 2021. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama bulan suci Ramadhan, para penikmat musik dan konten tentu butuh sesuatu yang menemani, mulai dari sahur hingga waktu berbuka. Layanan musik digital, podcast, dan video Spotify mencermati perubahan penggunaan platformnya selama Ramadhan.

Managing Director Spotify APAC, Gautam Talwar, menyampaikan bahwa selama bulan puasa, masyarakat Indonesia cenderung menggunakan Spotify untuk streaming konten khusus Ramadhan. Menurut data internal Spotify, terdapat peningkatan streaming konten khusus Ramadhan sebesar 41 persen pada 2022 dibandingkan tahun 2021.

Baca Juga

Sebanyak 26 persen streaming konten Ramadhan cenderung terjadi pada pukul 15.00-17.00, yaitu pada saat ngabuburit atau menanti waktu berbuka. Gautam juga menyampaikan, tren menyimak konten audio di Spotify sesuai dengan budaya setempat.

Khusus untuk Ramadhan, Spotify mengamati bahwa terjadi dua peningkatan jumlah streaming selama bulan suci, yaitu pada awal dan akhir bulan Ramadhan. Untuk mendukung itu, Spotify meluncurkan Ramadhan Hub yang telah diperbarui untuk pengguna.

Gautam mengatakan, Ramadhan Hub akan menghadirkan pengalaman yang lebih menyeluruh dan interaktif bagi pengguna Spotify. Ada beragam konten dari artis dan podcaster top Indonesia yang sudah bisa diakses jelang Ramadhan hingga Lebaran.

"Kami merancang aktivitas di platform yang memungkinkan para pengguna mengambil peran yang lebih aktif dalam mencari konten serta membangun hubungan bermakna dengan para artis dan podcaster yang mereka sukai di Spotify," ujar Gautam pada acara "Munggahan Bareng Spotify", Rabu (15/3/2023).

Semua itu diharapkan bisa menemani dan melengkapi momen-momen berharga umat Islam selama bulan suci Ramadhan. Ada konten baru setiap harinya di Spotify, hadir dalam tema dan format beragam, seperti kutipan harian, musik, playlist, dan konten podcast terkait Ramadhan.

Spotify juga telah meluncurkan deretan konten eksklusif bersama artis dan podcaster lokal bertajuk "Spotify Clips". Klip tersebut akan menginspirasi pendengar tentang bagaimana para musisi serta kreator konten merayakan Ramadhan di Spotify.

Pengguna Spotify pun dapat mendengarkan lagu-lagu dari artis lokal seperti Afgan, Vidi Aldiano, Raissa Anggiani, Nadin Amizah, dan Hanin Dhiya. Ada juga konten menarik dari para podcaster seperti RAPOT, Podcast Ancur, Kita dan Waktu, Podcast Mendoan, serta GJLS.

Pilihan playlist populer yang dikurasi secara khusus termasuk "Refleksi Diri", "Salam", "OTW Iftar", dan masih banyak lagi. Pengguna juga bisa menikmati playlist yang dipersonalisasi khusus dengan tema Ramadhan, yakni "Your Ramadan 2023". Daftar lagu itu dikurasi oleh tim Editorial Musik dan algoritma Spotify berdasarkan preferensi unik tiap pengguna.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement