Kamis 30 Mar 2023 14:50 WIB

Minum Kopi dengan Extra Virgin Olive Oil Jadi Tren, Bagaimana Rasanya?

Campuran zaitun terinspirasi dari kebiasaan orang-orang Mediterania meminum kopi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Minuman kopi (ilustrasi). Orang-orang Mediterania memiliki kebiasaan yang unik dalam menikmati kopi.  Mereka kerap menambahkan satu sendok minyak zaitun ekstra virgin ke dalam kopi mereka di pagi hari.
Foto: PixaHive
Minuman kopi (ilustrasi). Orang-orang Mediterania memiliki kebiasaan yang unik dalam menikmati kopi. Mereka kerap menambahkan satu sendok minyak zaitun ekstra virgin ke dalam kopi mereka di pagi hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum lama ini, Starbucks baru saja meluncurkan lini kopi terbarunya bernama Oleato. Kreasi kopi yang disajikan bersama minyak zaitun ini terinspirasi dari kebiasaan orang-orang Mediterania meminum kopi.

Pendiri Starbucks, Howard Schultz, pertama kali mencicipi kopi minyak zaitun saat sedang berlibur di Sisilia, Italia. Kala itu, Schultz melihat orang-orang Mediterania memiliki kebiasaan yang unik dalam menikmati kopi.

Baca Juga

Mereka kerap menambahkan satu sendok minyak zaitun ekstra virgin merek Partanna ke dalam kopi mereka di pagi hari. Hal tersebut membuat Schultz penasaran dan mencobanya sendiri. Saat mencicipi, Schultz merasa terkejut dengan kelezatan yang dihasilkan dari kombinasi kopi dan extra virgin olive oil (EVOO).

"Kombinasi ini menghasilkan rasa yang tak terduga, lembut, dan buttery, yang meningkatkan cita rasa kopi," kata Schultz, seperti dilansir laman resmi Starbucks.

 

Apakah Kombinasi Kopi dan Minyak Zaitun Menyehatkan?

Secara umum, kopi hitam diketahui memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Menurut Johns Hopkins Medicine, beberapa manfaat dari kopi hitam adalah dapat membantu meregulasi gula darah, menurunkan risiko penyakit jantung, hingga menekan risiko kanker usus dan strok.

Di sisi lain, minyak zaitun dikenal sebagai superfood yang juga dapat membawa manfaat kesehatan bagi tubuh. Alasannya, minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang baik bagi jantung.

Kandungan ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL, meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL, sekaligus menurunkan tekanan darah. Seperti dilansir BHG, kombinasi kopi dan minyak zaitun mungkin bisa membawa manfaat tersendiri bagi penikmat kopi.

Salah satunya, minyak zaitun pada kopi bisa membantu memperlambat penyerapan kafein dari kopi di lambung. Dengan begitu, penikmat kopi dapat terhindar dari kecenderungan crash atau penurunan energi yang drastis beberapa saat setelah minum kopi.

Penambahan minyak zaitun dalam kopi juga dinilai dapat membantu orang-orang yang mungkin tak begitu kuat mencerna asam dari kopi. Alasannya, minyak zaitun bisa membantu menetralisir sebagian keasaman dari kopi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement