Selasa 14 Mar 2023 21:37 WIB

Kekeliruan tentang Self Harm: Pelakunya Sering Dicap 'Caper'

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengalihkan perhatian dari self harm.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Masih banyak kekeliruan tentang self harm (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Masih banyak kekeliruan tentang self harm (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dari banyaknya aspek pemahaman kesehatan mental, menyakiti diri sendiri (self harm) masih menjadi salah satu topik yang masuk ke dalam stigma dan kesalahpahaman. Pembuat konten dan ahli strategi di Happiful, Kat Nicholls, mengatakan ada banyak kekliruan seputar tindakan menyakiti diri sendiri.

Dia menyebut, salah satu kekeliruan yang dimaksud di antaranya bahwa tindakan itu dilakukan semata-mata untuk mendapatkan atau mencari perhatian (caper). Semakin Anda memahami bagaimana menyakiti diri sendiri dapat terjadi, maka semakin Anda mampu mengungkapkannya. 

Baca Juga

Menurut dia, berbicara dengan seseorang yang Anda percayai adalah cara memulai proses mendapatkan bantuan, tetapi sering kali terasa sulit. Nicholls mengatakan, keraguan dan kekhawatiran mungkin berputar-putar di pikiran, tetapi ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk meredakannya.

Pertama, Anda mungkin ingin membantu orang memahami apa sebenarnya menyakiti diri sendiri, dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi orang lain. Anda juga dapat mendiskusikan dengan dokter tentang bagaimana perasaan Anda sehingga dia bisa menawarkan dukungan yang berbeda.

Berbicara dengan seorang profesional seperti konselor atau terapis dapat memberi ruang. Utamanya untuk mengeksplorasi mengapa Anda mungkin berisiko menyakiti diri sendiri dan bagaimana dapat mengurangi perilaku berbahaya.

Konselor Fiona Austin mengatakan, memulai sesi dengan menetapkan bahwa Anda baik-baik saja dengan apa yang terjadi dalam hal konseling adalah kuncinya. “Ini tidak selalu mudah, salah satu tantangannya adalah mengungkapkan emosi ke dalam kata-kata, terutama karena menyakiti diri sendiri sering kali merupakan perasaan kewalahan tanpa kata-kata,” kata Austin dilansir Happiful, Selasa (14/3/2023).

Setelah Anda dapat memetakan alasannya, Anda sudah setengah jalan karena dapat mengeksternalisasi apa yang terjadi. Jika mengkhawatirkan orang yang dicintai, Anda mungkin merasakan banyak hal.

Kepedulian terhadap kesejahteraan mereka, kekhawatiran tentang mengangkat topik, bahkan mungkin rasa tidak berdaya. Psikolog konseling Lukas Dresslar menawarkan banyak nasihat termasuk memiliki sikap tidak menghakimi dan mendukung, serta cara mendukung mereka selama masa pemulihan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengalihkan perhatian dari upaya menyakiti diri sendiri.

Seperti banyak masalah kesehatan mental, menyakiti diri sendiri dapat "berkembang". Hal itu benar-benar dapat membuat dunia berbeda. Jujur tentang menyakiti diri sendiri akan membantu mendapatkan bantuan yang tepat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement