Rabu 01 Mar 2023 05:49 WIB

Menyimpan Rahasia dari Pasangan Bisa Merusak Hubungan, Begini Efek Sampingnya

Ada beberapa alasan yang menyebabkan pasangan menyimpan rahasia.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Pasangan menyembunyikan rahasia (ilustrasi). Menyimpan rahasia dinilai tidak sehat karena bisa merusak hubungan.
Foto: www.freepik.com
Pasangan menyembunyikan rahasia (ilustrasi). Menyimpan rahasia dinilai tidak sehat karena bisa merusak hubungan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bersikap jujur ​​dan terbuka kepada suami atau istri adalah tentang kepercayaan, kenyamanan, dan keterbukaan. Jika ketiga faktor penting ini hilang, maka secara alami orang mulai menyimpan rahasia. Bahkan, mungkin tidak suka membahas topik seperti masalah kebiasaan atau uang.

Menyimpan rahasia dinilai tidak sehat karena bisa merusak hubungan. Seorang psikoterapis, pelatih kehidupan dan bisnis, dr Chandni Tugnait, mengatakan, ada beberapa efek samping menyimpan rahasia dalam hubungan. Beberapa alasan pasangan melakukannya bisa karena:

Baca Juga

• Takut akan penghakiman

• Kritik

• Malu

• Ketidakpastian atau frustrasi dengan hubungan

• Kurangnya waktu untuk membahas masalah

• Menghindari masalah yang sulit

• Ingin melindungi diri dari potensi luka

Menjaga hubungan yang sehat tidak selalu mudah. Tetapi jika ada rahasia yang disimpan, maka tidak butuh waktu lama untuk membentuk celah dalam hubungan. Berikut alasan rahasia bisa merusak hubungan, seperti dikutip dari Healthshots, Selasa (28/2/2023).

1. Kehilangan kepercayaan

Ketika satu pasangan menyimpan rahasia dari yang lain, itu dapat menyebabkan ketidakpercayaan, kecurigaan, dan ketidakamanan dalam hubungan. Dia mengatakan, tanpa kepercayaan, sulit bagi pasangan untuk berkomunikasi secara terbuka dan jujur, kata sang ahli.

2. Kebencian

Menyimpan rahasia sering kali menimbulkan kebencian karena salah satu pasangan mungkin merasa tidak didengarkan atau dianggap serius oleh pasangannya. Ini juga dapat menyebabkan kepahitan, kemarahan, dan frustrasi, karena salah satu pasangan mungkin menganggap perasaannya tidak dihargai oleh pasangannya.

3. Kebutuhan yang tidak terpenuhi

Jika salah satu pasangan menyembunyikan informasi penting, akan sulit bagi keduanya untuk mengungkapkan kebutuhan dan keinginan mereka. Akibatnya, kebutuhan ini mungkin tidak terpenuhi, menyebabkan ketidakpuasan lebih lanjut dan perasaan sakit hati di antara kedua pasangan.

4. Kurangnya komunikasi

Rahasia dapat menghambat komunikasi dalam hubungan karena orang merasa terlalu malu untuk mendiskusikan topik tertentu dengan pasangannya. Kurangnya komunikasi ini dapat menciptakan ketegangan dan kesalahpahaman dalam suatu hubungan serta mempersulit pasangan untuk menyelesaikan masalah apa pun.

5. Jarak emosional

Menyimpan rahasia dari pasangan sering mengarah pada jarak emosional karena pasangan berjuang untuk mengekspresikan diri secara terbuka tanpa takut akan penilaian atau kritik dari pasangannya. Hal ini dapat menyebabkan pemutusan dan keterasingan antara kedua pasangan, yang merugikan hubungan yang sehat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement