Kamis 09 Mar 2023 19:24 WIB

Kesha Ratuliu Lebih Jaga Badan, Tak Mau Overweight di Kehamilan Kedua

Saat hamil anak pertama, berat badan Kesha Ratuliu naik sampai 23 kilogram.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kesha Ratuliu saat diwawancara usai peluncuran Anmum Lite di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Kamis (9/3/2023). Kesha tengah mengandung anak kedua.
Foto: Republika/Gumanti
Kesha Ratuliu saat diwawancara usai peluncuran Anmum Lite di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Kamis (9/3/2023). Kesha tengah mengandung anak kedua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Kesha Ratuliu saat ini tengah mengandung buah hatinya yang kedua. Pada kehamilan kali ini, Kesha mengaku berusaha untuk mengontrol agar kenaikan berat badannya tidak berlebih seperti halnya kehamilan pertama.

"Saat hamil anak pertama, berat badan aku naik sampai 23 kilogram, dan itu memang kerasa banget jadi gampang capek, lutut aku juga bermasalah, bahkan aku kalau di mall harus pakai kursi roda," kata Kesha dalam konferensi pers Anmum Lite di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Kamis (9/3/2023).

Baca Juga

Pada kehamilan pertama, Kesha mengaku masih belum memiliki pengetahuan yang cukup cara ibu hamil memenuhi nutrisi hariannya. Ia beranggapan bahwa dengan makan yang banyak, maka janin yang dikandungnya pun akan sehat.

Namun ternyata, makan banyak tanpa mempertimbangkan komposisi dan gizi seimbang juga tidak baik karena bisa menyebabkan sang ibu mengalami overweight (kelebihan berat badan). Kondisi ini kemudian bisa menyebabkan masalah kesehatan lain seperti diabetes, preeklamsia dan kelahiran janin prematur.

 

"Jadi setelah aku baca-baca lagi, nanya ke dokter, pokoknya belajar dari pengalaman sekarang alhamdulillah aku bisa menjaga berat badan aku. Naiknya hanya delapan kilogram di kehamilan kedua ini," kata Kesha.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement