Selasa 07 Mar 2023 18:50 WIB

10 Tanda Umum Demensia, Konsultasi ke Dokter Kalau Anda Rasakan Salah Satunya

Demensia juga dapat memengaruhi orang usia muda.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Demensia frontotemporal, penyakit yang mengusik Bruce Willis. Meski tidak ada obatnya, sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda peringatan sesegera mungkin untuk memastikan orang yang terkena dampak bisa mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan.
Foto: Republika
Demensia frontotemporal, penyakit yang mengusik Bruce Willis. Meski tidak ada obatnya, sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda peringatan sesegera mungkin untuk memastikan orang yang terkena dampak bisa mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika diminta untuk menggambarkan demensia, banyak dari orang langsung memikirkan masalah ingatan. Sebenarnya, demensia adalah sekelompok gejala yang terkait dengan kerusakan otak yang sedang berlangsung.

Dilansir dari Express, Senin (6/3/2023), demensia lebih sering dikaitkan dengan orang tua. Namun, penyakit ini juga dapat memengaruhi orang yang lebih muda.

Baca Juga

Aktor Bruce Willis mendapatkan diagnosis demensia frontotemporal pada usia 67 tahun. Aktor Die Hard itu pun telah berhenti dari dunia akting yang membesarkan namanya.

Meski tidak ada obatnya, sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda peringatan sesegera mungkin untuk memastikan orang yang terkena dampak bisa mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan. Untuk membantu mengetahui apakah orang yang dicintai menderita demensia, Alzheimer Society of Canada membuat daftar 10 gejala umum yang harus diwaspadai.

 

photo
Demensia frontotemporal, penyakit yang mengusik Bruce Willis. - (Republika)

Gangguan penilaian

Ini dapat menyebabkan seseorang membuat pilihan yang buruk. Pilihan itu dapat membahayakan keselamatan mereka. Menurut Alzheimer Society of Canada, contohnya termasuk mengenakan pakaian berlapis-lapis di hari yang panas.

Dari waktu ke waktu, gejalanya akan semakin kentara. Orang mungkin membuat keputusan yang meragukan seperti menunda ke dokter ketika mereka merasa tidak enak badan.

"Namun, orang yang hidup dengan demensia mungkin mengalami perubahan penilaian atau pengambilan keputusan, seperti tidak mengenali masalah media yang memerlukan perhatian atau mengenakan pakaian tebal di hari yang panas," ujar Alzheimer Society of Canada.

Alzheimer Society of Canada menyarankan untuk berbicara dengan dokter jika Anda mengkhawatirkan hal ini.

Kehilangan memori yang memengaruhi kemampuan sehari-hari

Seseorang yang menderita demensia mungkin lebih sering melupakan sesuatu atau mengalami kesulitan mengingat informasi yang baru saja dipelajari.

Kesulitan melakukan tugas-tugas yang biasa

Orang yang hidup dengan demensia mungkin mengalami kesulitan menyelesaikan tugas-tugas yang biasa bagi mereka sepanjang hidup mereka. Misalnya, menyiapkan makanan atau bermain gim.

Memiliki masalah dengan bahasa

Penderita demensia mungkin lupa kata-kata sederhana atau mungkin mengganti kata-kata sedemikian rupa sehingga apa yang mereka katakan sulit dimengerti.

Disorientasi waktu dan tempat

Mereka yang menderita demensia dapat tersesat di jalan yang sering mereka lewati. Mereka tidak tahu bagaimana sampai di sana atau bagaimana caranya pulang.

Memiliki masalah dengan pemikiran abstrak

Orang yang menderita demensia mungkin mengalami kesulitan yang signifikan dengan tugas-tugas seperti itu karena kehilangan pemahaman tentang apa itu dan bagaimana angka itu digunakan.

Salah menaruh barang

Meski siapa pun bisa salah menaruh dompet atau kunci, namun orang dengan demensia dapat meletakkan barang di tempat yang tidak pantas.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement