Selasa 07 Mar 2023 14:00 WIB

Pangeran Harry Baru Didiagnosis ADHD, Mengapa tak Terdeteksi Saat Masih Anak-Anak?

Pangeran Harry baru mendapatkan diagnosis ADHD saat dewasa.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
 Tangkapan layar tak bertanggal ini dikeluarkan oleh ITV pada Jumat 6 Januari 2023 menunjukkan Pangeran Harry dari Inggris berbicara selama wawancara dengan Tom Bradby dari ITV untuk program Harry: The Interview. Pangeran Harry baru mendapatkan diagnosis ADHD.
Foto:

Aktivis ADHD dan CEO ADHD UK, Henry Shelford, mengatakan bahwa Harry mungkin tidak didiagnosis dengan kondisi tersebut di sekolah. Sebab, saat Harry masih sekolah, ADHD belum terlalu dikenali.

Di Inggris, diagnosis ADHD pada anak baru diakui secara resmi pada 2000-an. Sementara Harry lulus sekolah sebelum itu.

"Itu berarti dia dan banyak anak lainnya hampir tidak memiliki kesempatan untuk teridentifikasi di sekolah," kata Shelford.

ADHD diakui untuk orang dewasa Inggris pada 2008. Pembicaraan tentang ADHD dan orang dewasa telah berkembang sejak saat itu, tetapi jalan masih panjang untuk membangun kesadaran dan pemahaman tentang kondisi tersebut.

Shelford menjelaskan ADHD memengaruhi setiap aspek kehidupan, mulai dari saat bangun, sepanjang hari, dan ketika hendak tidur lagi. Ini adalah kondisi yang sangat sulit untuk dijalani.

"Seperti yang ditunjukkan secara signifikan dalam angka bunuh diri, orang dewasa dengan ADHD lima kali lebih mungkin untuk mencoba bunuh diri daripada mereka yang tidak memiliki ADHD," papar Shelford.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement