Sabtu 04 Mar 2023 00:14 WIB

Sebanyak Empat Miliar Orang Diprediksi Bertubuh Gemuk atau Obesitas pada 2035

Lonjakan kasus obesitas tampak terjadi dengan cepat di antara anak-anak Asia-Afrika.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Bayi sedang ditimbang berat badannya (ilustrasi). Hampir semua negara yang diprediksi akan mengalami lonjakan kasus obesitas merupakan negara berpendapatan rendah dan sedang di area Asia dan Afrika.
Foto:

Peningkatan Kasus Obesitas

Berdasarkan laporan World Obesity Federation 2023, jumlah kasus obesitas di masa kanak-kanak bisa bertambah dua kali lipat pada 2035 bila dibandingkan dengan 2020. Menurut lembaga tersebut, jumlah anak lelaki dan perempuan yang mungkin mengalami obesitas pada 2035 bisa mencapai 208 juta untuk anak lelaki dan 175 juta untuk anak perempuan.

World Obesity Federation mengingatkan bahwa ada beberapa masalah kesehatan yang berkaitan dengan masalah kegemukan atau obesitas. Masalah kesehatan terkait obesitas di dunia ini bisa menelan biaya lebih dari empat triliun dolar AS atau sekitar Rp 61.253 triliun per tahun pada 2023, atau sekitar 3 persen dari produk domestik bruto (GDP) dunia.

Obesitas yang tak diatasi dengan baik bisa memunculkan beberapa masalah kesehatan, baik pada fisik maupun mental. Beberapa masalah yang berkaitan dengan obesitas adalah penyakit jantung, diabetes, depresi, dan penyakit kronis lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement