Rabu 02 Aug 2023 23:14 WIB

Kurang Gizi di Masa Kecil, Mengapa Orang Lebih Mudah Gemuk Saat Remaja-Dewasa?

Atur Pola Makan Seimbang Sejak Dini Bisa Cegah Obesitas

Anak susah makan (ilustrasi). Cegah obesitas, anak harus dibiasakan pola makan gizi seimbang dan melakukan aktivitas fisik.
Foto: www.freepik.com
Anak susah makan (ilustrasi). Cegah obesitas, anak harus dibiasakan pola makan gizi seimbang dan melakukan aktivitas fisik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahli gizi yang juga Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Prof Dr drg Sandra Fikawati menuturkan bahwa mengatur pola makan seimbang sejak dini kepada anak dapat mencegah obesitas. Hal itu juga dibarengi dengan membiasakan aktivitas fisik.

 

Baca Juga

"Orang yang kelebihan berat badan itu dari kecil sudah memiliki perilaku yang tidak seimbang antara makanan yang masuk dengan makanan yang dikeluarkan, jadi kalau mau mencegah obesitas harus dibiasakan sejak kecil karena kalau sudah dewasa akan lebih sulit menurunkan berat badan," kata Sandra saat dihubungi di Jakarta, Rabu (2/8/2023).

 

Sandra menjelaskan, anak yang kurang gizi di masa kecilnya memiliki potensi obesitas yang lebih besar saat dewasa. Sebab, mekanisme tubuh berusaha menyimpan makanan akibat kekurangan asupan.

 

"Orang-orang yang kurang gizi di masa kecilnya, saat remaja dan dewasa akan lebih mudah menjadi gemuk karena metabolisme tubuh dia tidak biasa mencerna makanan dengan baik, dia terbiasa menyimpan makanan karena kurang mendapatkan asupan yang benar, sehingga makanan yang disimpan ini akan menumpuk saat dewasa," ujar dia.

 

Menurut Sandra, faktor utama obesitas di Indonesia bukan dari kelebihan gula atau garam. Penyebabnya ialah kebiasaan pola makan dan perilaku masyarakat yang kurang beraktivitas fisik.

 

"Pola makan dan aktivitas fisik itu termasuk perilaku, berpengaruh sekitar 70 persen dari status gizi kita, kalau faktor genetik itu 20 persen, dan 10 persen dari faktor lainnya," paparnya.

 

Sandra mengingatkan pentingnya orang tua membiasakan diri melakukan aktivitas fisik dan pola makan seimbang agar anak bisa meniru perilaku hidup sehat tersebut untuk menghindari obesitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement