Jumat 03 Mar 2023 17:50 WIB

Gejala Penyakit Hati Berlemak Dapat Terlihat dari Kondisi Sekitar Mulut

Penyakit hati berlemak nonalkohol dapat menghambat penyerapan nutrisi tertentu.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang pria memegang pipinya sambil mengernyit (ilustrasi). Gangguan pada organ hati juga dapat memicu gejala lain yang muncul di wajah, seperti bengkak, gatal, dan rosacea.
Foto: Safebee
Seorang pria memegang pipinya sambil mengernyit (ilustrasi). Gangguan pada organ hati juga dapat memicu gejala lain yang muncul di wajah, seperti bengkak, gatal, dan rosacea.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Penyakit hati berlemak nonalkohol (NAFLD) dapat menyebabkan defisiensi nutrisi yang menghasilkan spektrum gejala klinisnya sendiri. Ruam di sekitar mulut dapat menandakan bahwa disfungsi hati telah mengganggu konsentrasi zink dalam darah.

Penyakit hati kronis seperti NAFLD diketahui menghambat penyerapan nutrisi tertentu, seperti zink. Artinya, orang yang memiliki kadar lemak abnormal di hati juga akan mengalmi kekurangan zink yang mendasarinya.

Baca Juga

Kesimpulan itu diperkuat oleh penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Metabolism Open pada 2021, yang menyebut sejumlah penyebab potensial prevalensi defisiensi zink pada pasien NAFDL. Laporan ini menyatakan bahwa pasien NAFLD terbukti secara signifikan mengurangi konsentrasi serum zink dibandingkan dengan pasien tanpa masalah kesehatan serupa.

Selain itu, dilansir Express, Jumat (3/3/2023), konsentrasi zink yang lebih rendah ini ditemukan terkait dengan stadium fibrosis hati yang lebih tinggi pada pasien dengan NAFLD. Para penulis menyatakan bahwa resistensi insulin, diabetes, obesitas, hipertensi, penurunan penyerapan dari saluran pencernaan, dan asupan makanan yang tidak memadai, semuanya dapat menjadi penyebab potensial untuk kadar zink yang rendah.

Pada 2022, sebuah meta-analisis yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menjelaskan bahwa zink merupakan elemen penting untuk pemeliharaan kehidupan. Itu karena zink berperan sebagai pusat aktivitas kofaktor untuk ratusan enzim.

Ahli gizi Emma Derbyshire yang bekerja untuk Bassetts Vitamins menjelaskan bahwa zink adalah mineral yang membantu berkontribusi pada fungsi normal sistem kekebalan tubuh. Zink dikenal untuk memodulasi kekebalan antivirus dan antibakteri serta respons peradangan.

"Dalam hal asupan zink, sekitar 18 persen anak usia 11 hingga 18 tahun serta satu dari 20 orang dewasa memiliki asupan zink harian di bawah ambang batas yang lebih rendah," papar Emma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement