Selasa 21 Dec 2021 11:51 WIB

Tanda Organ Hati Anda Mulai Rusak

Kadar lemak tinggi di hati dikaitkan dengan risiko diabetes, ginjal, dan hipertensi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Tanda organ hati Anda mulai rusak (ilustrasi).
Foto: Republika.co.id
Tanda organ hati Anda mulai rusak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hati yang sehat harus mengandung sedikit atau tanpa lemak. National Health Society (NHS) memperkirakan, satu dari setiap tiga orang di Inggris memiliki tahap awal penyebab penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD), di mana ada sejumlah kecil lemak di hati mereka. 

American Heart Association mengatakan, lebih dari lima sampai 10 persen dari berat hati adalah lemak, maka itu disebut hati berlemak. Memiliki kadar lemak tinggi di hati Anda dikaitkan dengan peningkatan risiko masalah kesehatan lainnya seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit ginjal. Jika terdeteksi dan dikelola pada tahap awal, NAFLD dapat dihentikan agar tidak semakin parah dan jumlah lemak di hati Anda dapat dikurangi.

Baca Juga

Kebanyakan orang hanya akan mengembangkan tahap pertama, sangat sering tanpa menyadarinya. Dalam sejumlah kecil kasus, dapat berkembang dan menyebabkan kerusakan hati jika tidak terdeteksi dan dikelola.

Situs Johns Hopkins Medicine (JHM) mencatat, penyakit hati berlemak kadang-kadang disebut penyakit hati diam karena dapat terjadi tanpa menimbulkan gejala apa pun. Ini menunjukkan, kebanyakan orang dengan NAFLD hidup dengan lemak di hati mereka tanpa mengembangkan kerusakan hati, meskipun beberapa terus mengembangkan NASH atau sirosis.

 

NASH adalah bentuk NAFLD di mana Anda mengalami peradangan hati dan kerusakan hati, selain lemak di hati Anda. Jika kerusakan hati akibat NASH menyebabkan jaringan parut permanen dan pengerasan hati, ini disebut sirosis.

JHM mengatakan, jika Anda memiliki NASH, Anda mungkin memiliki gejala, meskipun bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk mengembangkannya. Situs kesehatan itu menunjukkan beberapa gejala dari NASH mungkin muncul di kulit Anda.

Ini bisa termasuk menguningnya kulit, pembuluh darah menyerupai bentuk laba-laba di kulit, dan gatal-gatal yang berlangsung lama. Anda mungkin juga mengalami kelelahan, kelemahan, dan penurunan berat badan yang parah.

“NASH yang berubah menjadi sirosis dapat menyebabkan gejala seperti retensi cairan, pendarahan internal, pengecilan otot, dan kebingungan. Orang dengan sirosis dari waktu ke waktu dapat mengalami gagal hati dan membutuhkan transplantasi hati," ujar situs tersebut seperti dilansir di laman Express, Senin (20/12).

Menurut British Liver Trust, orang dengan kondisi hati yang mengembangkan tinja berwarna hitam pekat, atau urine, berwarna gelap, harus mencari perhatian medis yang mendesak. Gejala serius lainnya termasuk muntah darah, mudah memar, kulit gatal, dan pembengkakan di daerah perut bagian bawah.

NAFLD cenderung berkembang pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas atau memiliki diabetes, kolesterol tinggi, atau trigliserida tinggi. Meskipun demikian, beberapa orang mendapatkan penyakit hati berlemak tanpa memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya.

Orang lebih mungkin mengembangkan NAFLD sebagai akibat dari sejumlah faktor. Misalnya, jika Anda resisten terhadap insulin, seperti yang terjadi pada orang-orang ketika mereka menderita sindrom ovarium polikistik.

Hal-hal seperti menurunkan berat badan, makan sehat, dan olahraga teratur dapat membantu. NAFLD tidak disebabkan oleh alkohol, tetapi minum dapat memperburuknya. Oleh karena itu, Anda mungkin perlu menghentikannya dari diet atau mengurangi asupan Anda.

Saat ini tidak ada obat yang dapat mengobati NAFLD, tetapi berbagai obat dapat berguna dalam mengatasi masalah yang terkait dengan kondisi tersebut. Jika Anda mengalami sirosis parah, penyakit hati berlemak stadium empat, dan hati Anda berhenti bekerja dengan baik, Anda mungkin perlu dimasukkan ke dalam daftar tunggu untuk transplantasi hati.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement