Jumat 03 Mar 2023 06:44 WIB

Punya Rahasia dari Pasangan, Bagaimana Cara dan Waktu yang Tepat Mengungkapkannya?

Pasangan mungkin merasa terlalu malu untuk terbuka tentang topik tertentu

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Waktu dan cara tepat mengungkap rahasia ke pasangan. (ilustrasi)
Foto: www.rawpixel.com
Waktu dan cara tepat mengungkap rahasia ke pasangan. (ilustrasi)

REPUBLIKA. CO.ID, JAKARTA -- Seseorang mungkin terlalu sibuk atau pasangan tidak selalu tersedia saat diajak membicarakan suatu hal. Waktu yang tepat untuk berbagi rahasia dengan suami atau istri adalah saat keduanya merasa nyaman dan cukup aman untuk melakukannya.

Menurut psikoterapis sekaligus pelatih kehidupan dan bisnis, dr Chandni Tugnait, pasangan mungkin merasa terlalu malu untuk terbuka tentang topik tertentu agar tidak terlihat lemah. Mereka harus terbuka dan jujur satu sama lain jika ingin membangun kepercayaan dan menjaga komunikasi yang sehat.

Baca Juga

“Mungkin mudah menyimpan rahasia jika pasangan menghabiskan sedikit waktu bersama karena jarak atau komitmen hidup lainnya,” kata dia.

Terus menyimpan rahasia dapat merusak hubungan karena dapat menyebabkan perasaan tidak percaya dan kesepian. Sangat penting untuk menciptakan lingkungan di mana kedua pasangan merasa bebas menyuarakan pikiran dan perasaan mereka tanpa rasa takut atau rasa tidak aman.

 

Mungkin akan bermanfaat bagi pasangan jika keduamya menyisihkan waktu atau aktivitas tertentu, seperti jalan-jalan akhir pekan atau menonton film. Kemudian dapat berbicara secara terbuka tentang topik apa pun yang mengganggu mereka. Penting untuk diingat bahwa komunikasi adalah jalan dua arah, dan pasangan harus nyaman mendengarkan dan menanggapi satu sama lain, seperti dikutip dari Healthshots, Selasa (28/2/2023):

Bagaimana caranya jujur terhadap pasangan?

• Ciptakan lingkungan kepercayaan dan rasa hormat dengan bersikap terbuka, jujur, dan sabar satu sama lain.

• Sisihkan waktu atau aktivitas khusus di mana Anda dapat berbicara secara terbuka tentang topik apa pun yang juga mengganggu Anda.

• Hati-hati dengan kata-kata dan perasaan satu sama lain tanpa penilaian atau kritik.

• Kenali pentingnya menyimpan rahasia dalam hubungan.

• Hormati batasan satu sama lain saat memutuskan apa yang harus tetap dirahasiakan dan apa yang boleh dibagikan dengan orang lain di luar hubungan.

• Bicaralah secara terbuka dan terus terang sambil tetap tidak menyakiti atau menyinggung perasaan pasangan.

• Hormati privasi satu sama lain, dan pahami bahwa beberapa hal mungkin terasa terlalu pribadi atau privat untuk dibagikan.

• Temukan cara-cara kreatif untuk membuka diri, seperti saling menulis surat, bercerita, atau bermain tebak-tebakan bersama. Ini semua tentang menjadi peka dan jujur ​​dengan pasangan tentang pengalaman, pikiran, dan perasaan masing-masing.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement