Selasa 28 Feb 2023 20:17 WIB

Dewa Budjana Gandeng Astrid, Rilis Lagu Religi ‘Lillahi Ta’ala’

Ini merupakan merupakan lagu religi pertama Budjana di luar band Gigi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Musisi Dewa Budjana berkolaborasi dengan penyanyi Astrid merilis lagu religi berjudul Lillahi Ta ala. Dewa Budjana dikenal kerap menggarap album religi lintas agama sejak 2004. Republika/Shelbi Asrianti
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Musisi Dewa Budjana berkolaborasi dengan penyanyi Astrid merilis lagu religi berjudul Lillahi Ta ala. Dewa Budjana dikenal kerap menggarap album religi lintas agama sejak 2004. Republika/Shelbi Asrianti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Dewa Budjana menggandeng penyanyi Astrid merilis lagu religi bertajuk "Lillahi Ta'ala". Sang gitaris grup musik Gigi itu juga berkolaborasi dengan Lemmy Ibrahim dari Lemmon Music, yang menulis lirik lagu tentang berserah diri kepada Allah SWT.

"Dari tahun lalu memang rencana bikin kolaborasi menampilkan lagu-lagu ciptaan saya dengan penyanyi. Konsepnya saya bergitar dan ada penyanyi. Kali ini berkolaborasi dengan menampilkan Astrid sebagai penyanyinya," kata Budjana pada konferensi pers di Ecology Bistro Kemang, Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Baca Juga

Sejak 2004, Budjana telah menghadirkan karya berupa musik maupun album religi lintas agama. Budjana menjelaskan, lagu "Lillahi Ta'ala" sudah rampung dari tahun lalu. Dia menghadirkan notasi lagu dengan sederhana.  Menurutnya, racikan nada itu menghadirkan suasana adem dan kontemplatif.

Pria 59 tahun itu menilainya cocok dengan lirik gubahan Lemmy. Semula, Budjana tidak memahami arti dari "Lillahi Ta'ala". Setelah menanyakan maknanya kepada Lemmy, Budjana merasa notasi dan liriknya semakin sesuai.  Pesan dalam lagu pun bisa dimaknai secara universal.

 

"Nada dan harmoni terbentuk dari imajinasi. Ketika saya membaca liriknya yang ditulis Lemmy, saya rasa memang pas. Kembali ke Sang pencipta, tentang keikhlasan. Saya rasa semua umat, semua manusia berpikir sama dengan apa yang telah dijalani," kata Budjana.

Menurut Budjana, Astrid didapuk jadi vokalis lagu karena karakter suaranya yang khas.  Budjana mengakui tak ada kesulitan saat rekaman, bahkan proses pembuatan lagu relatif cepat. Semula, Budjana, Astrid, dan Lemmy hanya berkomunikasi via gawai, baru ketemu di studio untuk rekaman.

Ini kali pertama Budjana berkolaborasi dengan Astrid.  "Lillahi Ta'ala" pun merupakan lagu religi pertama Budjana di luar Gigi yang dirilis berupa single. Sebelumnya, dia menghadirkan sejumlah karya religi dalam format album.  Lagu "Lillahi Ta'ala" sudah bisa diakses melalui kanal musik digital. Video klipnya juga dihadirkan pada Selasa (28/2/2023).

Lemmon Music yang dipimpin Lemmy sekaligus menjadi produser eksekutif pembuatan lagu "Lillahi Ta'ala". Lemmy menyebut single "Lillahi Ta'ala" tak lain untuk menyerahkan segala hidup kembali kepada Sang Pencipta.

"Basic idenya, semua karena Allah. Apapun itu karena Allah dan untuk Allah. Kedamaian di alam rahim hingga alam kubur semua lillahi ta'ala. Lagu ini Budjana yang menciptakan, saya hanya menulis liriknya," kata Lemmy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement