Kamis 23 Feb 2023 16:28 WIB

Banyak Orang Tua Berikan Obat Pereda Demam Meski tidak Diperlukan

Mengidentifikasi penyebab lebih penting daripada mengobati demam.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Anak demam (ilustrasi). Sebagian orang tua memberikan dosis ekstra obat untuk mencegah demam. Padahal, hal itu tidak diperlukan.
Foto:

Fokus pada Penyebab Demam

Para ahli American Academy of Pediatrics (AAP) mendefinisikan demam sebagai suhu rektal 38 derajat Celsius atau lebih tinggi. AAP mengingatkan mengidentifikasi penyebab lebih penting daripada mengobati demam.

photo
Mengompres anak demam. - (Republika)

Dokter Kimbrough mengatakan peningkatan suhu badan dapat membuat sebagian anak merasa sangat tidak nyaman. Kondisi itu dapat menyebabkan peningkatan risiko dehidrasi karena anak jadi susah minum.

"Saya merekomendasikan mengobati demam berdasarkan tampilan seorang anak dengan membantu meningkatkan asupan oral mereka agar tak sampai harus dirawat di rumah sakit," kata dr Kimbrough.

Untuk sebagian besar anak-anak, peningkatan suhu yang ringan tidak berbahaya. Itu sebenarnya cara sistem kekebalan melawan penyakit.

"Pengobatan demam itu sendiri kurang penting daripada identifikasi penyebabnya," jelas dr Kimbrough.

Anak yang terlihat baik saat mengalami sedikit peningkatan suhu  badan tidak perlu diobati. Sebagian besar kasus demam tidak perlu diobati jika anak merasa sehat, kecuali pada anak dengan kondisi kesehatan tertentu.

Jika memberikan obat penurun demam, orang tua harus ingat bahwa dosis diberikan dengan menyesuaikan berat badan anak. Perhatikan juga waktu pengobatan terakhir untuk memastikan pemberiannya tidak terlalu sering.

"Periksa dengan dokter atau apoteker anak Anda jika Anda tidak yakin dosis obat yang harus diberikan kepada anak," ujar dr Kimbrough.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement